Perbedaan Fitur BBM di Android dan iOS

Advertisement

Perbedaan Fitur BBM di Android dan iOS - Setelah beberapa kali mengalami penundaan rilis, akhirnya aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yang paling ditunggu ini pun hadir untuk smartphone Android dan iOS pada hari ini (22/10/13). Aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis melalui situs bbm.com atau melalui Google Play Store dan App Store. Fitur BBM untuk lintas ponsel smartphone ini memang sempat akan diluncurkan beberapa waktu yang lalu, namun akhirnya harus ditunda karena alasan persiapan.

Hingga berita ini ditulis pun, para pengguna Android dan iPhone (iOS) masih harus bersabar untuk mulai memakai aplikasi BBM ini yang disebabkan oleh membludaknya antrean pendaftaran via email yang menjadi persyaratan untuk menggunakan aplikasi ini. Hal tersebut menyebabkan para pendaftar harus menunggu giliran untuk menerima email aktivasi dari server BBM.

Beberapa Perbedaan Fitur BBM di Android dan iOS

Secara garis besar, ada 5 Fitur BBM Yang Ada di Android dan iPhone. Pada artikel kali ini, akan kita bahas kesamaan dan perbedaan fitur BBM di Android dan iOS. Berikut adalah perbandingan fitur BBM secara apple-to-apple. Aplikasi BBM terinstal pada Android (OS Jellybean) dan  iPhone 5.

Persamaan Fitur BBM Android dan iOS

Tampilan Depan
Untuk tampilan depannya, logo khas BBM masih sama persis antara Android dengan iOS.

Tampilan Kontak
Seperti halnya, tampilang pada smartphone Blackberry. Tampilan kontak BBM untuk Android dan iOS pun masih tetap sama dengan opsi grid dan list.

Opsi Menu
Untuk mengakses menu / settingan tambahan fitur BBM pada Android dan iOS dapat dilakukan dengan menggeser layar ke kiri.

Opsi Pengaturan
Untuk mengakses menu pengaturan utama dapat melalui tombol pojok kanan bawah aplikasi BBM.

Perbedaan Fitur BBM Android dan iOS

Isi Menu Pengaturan
Salah satu perbedaan fitur BBM di Android dan iOS ternyata terletak pada bagian pengaturan dimana menu yang terdapat di Android lebih banyak daripada yang ada di iOS.Pilihan untuk fungsi BBM Connected dan opsi untuk mengatur notifikasi juga terdapat perbedaan satu sama lain.

perbedaan BBM Android dan iOS
perbedaan BBM Android dan iOS (img: Santi Dwi Jayanti)
Cara Mengirim File Lampiran
Perbedaan kecil lainnya ditemui saat ingin melampirkan file kepada teman chatting anda.Untuk mengakses menu tersebut, pada iPhone anda harus menutup terlebih dulu virtual keyboard. Sedangkan pada Android, hal tersebut bisa langsung dilakukan.

untuk melampirkan file pada iPhone pengguna terlebih dahulu harus menutup keyboard. Sementara di Android hal itu bisa langsung dilakukan.


tampilan fitur BBM Android dan iOS
tampilan fitur BBM Android dan iOS (img: Santi Dwi Jayanti)
Secara garis besar, fungsi dan fitur BBM di Android dan iOS memang tidak berbeda jauh. Semua fitur resmi yang ditawarkan oleh developer adalah sama untuk kedua platform. Namun yang pasti, konsep dan fitur BBM anyar yang terdapat di Android dan iOS dibuat untuk menyesuaikan tampilan terbaru BBM versi 10.

Demikianlah informasi mengenai Perbedaan Fitur BBM di Android dan iOS. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:

Advertisement
Perbedaan Fitur BBM di Android dan iOS | Artikel Konten | 5

2 comments:

  1. gan mau kirim lagu atau dokument emang ga bisa ya di bbm android, atau gimana?
    mohon pencerahan.a gan.
    trims

    BalasHapus
  2. fiturnya sama dengan bbm yang ada di blacberry. masih bisa gan.

    BalasHapus