Penemuan Harddisk Purbakala berusia 5.500 Tahun

Advertisement
Penemuan yang dilakukan oleh arkeolog di Choga Mish, Iran membuka fakta bahwa perangkat portable yang ada pada zaman modern ini sudah ada sejak dahulu bahkan pada zaman purbakala. Yang di maksud menemukan harddisk purbakala disini adalah para arkeolog menemukan bola-bola yang terbuat dari batu yang berlubang pada bagian tengahnya. Dan ternyata lubang pada bagian tengah-tengah bola tersebut berisi cetakan-cetakan lain dengan bermacam-macam bentuk dan terdapat goresan kode juga dibagian tengahnya. Dan harddisk purbakala tersebut sudah terpendam dan berumur sangat lama, diperkirakan mencapai 5.500 tahun.

Harddisk Purbakala Yang Berusia Lebih Dari 5.500 Tahun

harddisk purbakala
harddisk purbakala (img: dailymail.co.uk)

Namun bentuknya masih bisa dilihat dengan jelas yaitu bola-bola yang berisi cetakan-cetakan dan goresan-goresan. Para arkeolog menyimpulkan bahwa benda yang mereka temukan di Choga Mish ini merupakan salah satu bagian dari mesopotamia. Dengan adanya temuan tersebut, pemikiran para arkeolog menjadi terbuka. Mereka menyadari satu hal bahwa cikal bakal dari adanya perangkat portable sebagai tempat penyimpanan sudah ada dari dahulu di zaman purbakala. Walaupun memang harddisk purbakala ini sangat berbeda dengan harddisk zaman sekarang.

Namun, setelah dilakukan pengamatan harddisk purbakala tersebut digunakan atau sengaja dibuat untuk menyimpan cetakan-cetakan yang di duga adalah hasil dari transaksi jual beli yang mereka lakukan pada masanya. Dugaan tersebut muncul setelah sebelumnya para arkeolog menelitinya dengan menggunakan CT scan dan pemodelan 3D. Setelah melakukan penelitian tersebut dan menemukan beberapa dugaan, para arkeolog masih belum puas dan penasaran dengan apa saja sebenarnya yang terkandung dalam bola-bola batu tersebut.

Sehingga sampai saat ini masih diadakan penelitian terkait dengan bola-bola itu beserta cetakan-cetakan yang ada di dalamnya. Cikal bakal yang sudah ada dari zaman purbakala mengenai perangkat penyimpanan itu menjadi sebuah penemuan yang sangat menarik serta bersejarah. Pada zaman modern atau sekarang ini, harddisk digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data serta file penting mereka. Harddisk purbakala ini juga memiliki fungsi atau peran yang sama. Yang mana sudah disebutkan diatas bahwa cetakan yang ada di duga merupakan kode mengenai transaksi jual beli mereka yang dianggap penting.

Demikianlah informasi mengenai Penemuan Harddisk Purbakala berusia 5.500 Tahun. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:


Advertisement
Penemuan Harddisk Purbakala berusia 5.500 Tahun | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar