Kelebihan & Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS

Advertisement
Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa perbedaan fitur BBM di Android & iOS. Aplikasi BBM yang dibuat lintas platform memang menjadi salah satu aplikasi yang mendapat paling banyak perhatian dari pengguna Android dan iOS. Hal itu dapat dimaklumi, mengingat fitur Blackberry Messenger (BBM) masih menjadi aplikasi chat terpopuler saat ini.

Pada tulisan kali ini, blog dinda-dimas telah merangkum kelebihan & kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS dibandingkan dengan aplikasi BBM di platform Blackberry. Apa saja kah kelebihan & kelemahan  Aplikasi BBM di Android & iOS?

Beberapa Kelebihan & Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS

kelebihan & kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS
kelebihan & kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS

Kelebihan Aplikasi BBM di Android & iOS

Tidak bisa dipungkiri, BBM masih merupakan aplikasi chat terpopuler dengan pengguna terbanyak saat ini. Bahkan sebagian besar pengguna smartphone Blackberry mengaku, fitur BBM adalah tujuan utama mereka menggunakan ponsel tersebut. Kehadiran, Aplikasi BBM di Android & iOS jelas merupakan kabar baik bagi mereka yang tidak memiliki Blackberry, sehingga mereka tidak lagi harus memiliki 2 smartphone sekaligus.

Keuntungan lainnya, pemilik smartphone dapat menghemat biaya pengeluaran untuk berlangganan paket yang sedianya harus mereka keluarkan untuk Android/iOS dan Blackberry setiap bulannya.

Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS

Membahas kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS, setidaknya kami merangkum ada 6 kelemahan dan kekurangan  Aplikasi BBM di Android & iOS. (Untuk kekurangan lainnya yang kami temukan, akan kami tambahkan berikutnya). Apa saja kah itu?

Fitur Pengaturan Profil Picture (gambar PP) - Gambar PP menampilkan foto pemilik BB. Kita dapat mengganti foto profil dengan bebas, membesar-mengecilkan foto, memutar, dsb, sebelum kita merasa pas untuk menyimpannya sebagai foto PP. Namun sayangnya, fitur pengaturan gambar PP pada Aplikasi BBM di Android & iOS tidak menyediakan fitur untuk membesar-mengecilkan foto secara keseluruhan, sehingga foto yang berbentuk memanjang (landscape maupun portrait) tidak bisa ditampilkan secara utuh. Ada bagian yang harus terpotong (crop).

Fitur Auto-Text - Auto Text adalah kumpulan ikon, simbol, maupun teks unik, baik satuan maupun  susunan yang membentuk pesan secara simbolik yang unik. Pada platform Blackberry, kita dapat menyimpan koleksi autotext ini dan menggunakannya sewaktu-waktu dengan hanya mengetikkan kata-kata pengganti. Kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS lagi-lagi tidak mendukung adanya fitur Auto text ini.

Fitur Back-Up -  Untuk melakukan back-up contact, dapat dilakukan melalui menu settings. Namun opsi ini tak tersedia pada Aplikasi BBM di Android & iOS.

ID Account - Pada saat pertama kali menginstal aplikasi BBM di Android & iOS, kita akan menemukan  2 opsi, yaitu: Membuat account baru atau Sign-In dengan account lama. Pengguna bisa saja memilih opsi yang kedua, yaitu menggunakan ID yang sudah ada. Hal ini memang sangat praktis, karena akan mengimpor secara otomatis semua kontak yang anda miliki pada Blackberry anda. Tetapi, hal tersebut dapat menyebabkan aplikasi BBM pada Blackberry lama anda menjadi tak bisa digunakan (error). 

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS apabila anda memutuskan untuk tak ingin lagi menggunakan Blackberry lama dengan maksud ingin menggunakan BBM Android / iOS saja, maka proses pemindahan kontak (re-invite contact) adalah hal yang cukup merepotkan, terlebih bagi mereka yang jumlah kontaknya telah mencapai ratusan bahkan ribuan.

Fitur Berbagi PIN - Tidak tersedianya fitur untuk mengirim PIN merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS, sehingga bagi pengguna yang ingin berbagi atau memberi PIN kepada orang lain, harus melakukannya secara manual (copy-paste).

Membuat Kategori Kontak - Bagi pengguna yang memiliki banyak kontak, tentunya seringkali memilah kontak dipisahkan berdasarkan kategori. Misalnya: 'Teman Kuliah' ,'Teman Kerja', 'Keluarga' ,dsb. Hal tersebut sangat membantu pengguna untuk menemukan kontak secara cepat. Tidak tersedianya opsi tersebut merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS.

Beberapa kekurangan tersebut memang dapat dimaklumi mengingat keberadaan aplikasi BBM di Android & iOS masih sangat baru. Umumnya, berbagai penyempurnaan akan ditambahkan sedikit demi sedikit mengikuti versi berikutnya, seperti halnya aplikasi lainnya.

 ------------------
Update!! (14 November 2013)
  • Fitur untuk membuat kategori kontak telah ditambahkan.
  • Fitur mengatur dan merapikan Grup BBM.
  • Fitur untuk memberikan PIN Barcode melalui menu sharing (hanya sebatas PIN sendiri).
------------------

Demikianlah informasi mengenai Kelebihan & Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Kelebihan & Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar