Android vs iOS vs Blackberry vs Windows Phone 8 [Data & Fakta]

Advertisement
 Boleh dikatakan bahwa perkembangan smartphone saat ini tak terlepas dari teknologi yang diusung oleh masing-masing pabrikan. Sebut saja; Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry. Semua ponsel smartphone yang menggunakan sistem operasi tersebut adalah penguasa pangsa pasar saat ini.

Jika anda ingin membeli ponsel smartphone saat ini, mungkin sempat mencari perbandingan dari masing-masing OS tersebut. Manakah yang paling unggul?

Perbandingan Antara Android, iOS, Windows Phone & Blackberry

Perbandingan Android, iOS, Blackberry, Windows Phone 8
Android, iOS, Blackberry, Windows Phone 8
Berdasarkan data statistik pengguna yang dikeluarkan oleh situs crackberry (26/9) menunjukkan bahwa pengalaman pengguna pada masing-masing sistem operasi memang berbeda satu sama lainnya. Data statistik dihitung berdasarkan pengalaman (experiences) terhadap masing-masing OS.

Pengalaman tersebut didasarkan pada tingkat kesulitan, sisi fleksibilitas, dan tingkat kepuasan konsumen. Dari data statistik tersebut menunjukkan bahwa iOS berada pada urutan teratas yang menjadi favorit konsumen / pengguna dengan nilai rata-rata 73,25. Posisi kedua masih ditempati oleh iOS versi 6 dengan persentase nilai 70. Sedangkan untuk pengguna Android menunjukkan hasil yang berimbang dengan Blackberry 10, dengan nilai 57,25 berbanding 56,37. Sementara itu, OS Windows Phone 8 yang terhitung sebagai pendatang baru berada di posisi buncit dengan nilai 47,25.

Dari data statistik tersebut menunjukkan bahwa pengguna smartphone memiliki pengalaman yang paling baik dengan sistem operasi iOS 6 & 7. Sedangkan Android yang juga merupakan penguasa di dunia Smartphone justru berada dibawahnya. Para pengguna masih beranggapan bahwa smartphone Android masih sama ribet nya dengan penggunaan Blackberry 10.

Untuk Windows Phone 8 sendiri nampaknya masih harus sedikit bersabar dengan nilai index yang didapatkannya karena harus berada di posisi paling buncit. Para pengguna beranggapan bahwa Windows Phone 8 -yang merupakan pendatang baru- masih belum bisa menyamai level Android dan iOS dari sisi penggunaan, fitur, dsj.

Kesimpulan: Android (Samsung) vs iOS (Apple)

Kalahnya Android dibanding iOS (atau Galaxy vs iPhone) didasarkan dari konsep yang diterapkan oleh masing-masing pabrikan. Semua mengetahui bahwa keduaOS tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Pengguna Android memang diharuskan memahami atau mempelajari fitur-fitur kustomisasi dari ponsel yang dibelinya. Sedangkan untuk pengguna iOS bisa sedikit dimudahkan karena sistem buatan Apple (iOS) tersebut memang sengaja dibuat untuk mempermudah konsumen dalam menggunakannnya.

Pengguna tak perlu mengotak-atik sistem operasinya agar mempunyai kemampuan maksimal, tak seperti halnya Android dan Blackberry 10.

Namun, ada 1 kelebihan lain yang masih menjadi favorit kebanyakan orang saat ini, yaitu ketersediaannya aplikasi dan game gratis yang bejibun jumlahnya di Play Store Android. Sedangkan untuk pengguna iOS (iPhone), ketersediaan aplikasi dan game gratis sangat terbatas.

Demikianlah informasi mengenai Android vs iOS vs Blackberry vs Windows Phone 8 [Data & Fakta]. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:


Advertisement
Android vs iOS vs Blackberry vs Windows Phone 8 [Data & Fakta] | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar