Pendingin Laptop: 3 Tips Memilih Sebelum Membelinya!

Advertisement
Pendingin Laptop
Pendingin Laptop (Cooling Pad)
Pendingin Laptop - Umumnya laptop memiliki suhu yang cenderung panas saat digunakan. Oleh karena itu, penggunaan pendingin laptop cukup diperlukan, terlebih lagi jika suasana ruangan juga panas.
Pendingin laptop atau yang biasa disebut Cooling Pad adalah aksesoris yang sudah lazim digunakan saat ini. Fungsinya adalah sebagai pendingin laptop. Bentuknya sederhana, yakni berupa tatakan dengan kipas-kipas kecil di dalamnya, yang diletakkan di bawah laptop.
Ada banyak sekali merk dan jenis pendingin laptop yang beredar dipasaran. Tersedia dengan berbagai model dan ukuran. Merasa bingung bagaimana memilih pendingin laptop (cooling pad) yang baik? Simak tips dibawah ini!

Pendingin Laptop (Cooling Pad) & Tips Memilihnya

Letak Kipas dan Pendingin Laptop - Jika anda pergi ke toko aksesoris komputer untuk mencari pendingin laptop, mungkin akan dihadapkan dengan bentuk kipas yang bervariasi. Ada cooling pad yang memilih 1 kipas besar, 2 kipas sedang, atau 3 kipas dengan posisi segitiga. Manakah yang paling maksimal?
Ketiganya adalah sama baiknya. Namun, pada umumnya setiap laptop memiliki bentuk lubang ventilasi yang berlainan. Oleh karena itu, disarankan agar mengecek terlebih dahulu bentuk lubang ventilasi laptop anda seperti apa, lalu disesuaikan dengan model pendingin laptopnya.
Arah Tiupan Angin - Selain bentuk dan posisi kipas, juga ada pendingin laptop yang mengusung sistem kipas terbalik. Sehingga ada beberapa model cooling pad yang kipasnya meniup keluar dan juga ke dalam. 
Disarankan agar memilih pendingin laptop yang memiliki kipas menyedot (meniup keluar). Hal ini bertujuan untuk membuang panas. Kipas yang meniup ke dalam bukan saja mengembalikan panas yang dikeluarkan, tetapi juga mendorong debu dari luar untuk masuk ke dalam.
Bahan Pendingin Laptop - Selain 2 hal diatas, desain pendingin laptop juga tak kalah pentingnya. Saat ini ada 2 jenis bahan cooling pad, yaitu besi dan plastik. Untuk hasil yang lebih maksimal disarankan agar memilih pendingin laptop berbahan besi. 
Besi memiliki sifat menghantarkan panas, sehingga fungsi cooling pad bukan saja sebagai pendingin, tetapi juga penghantar panas. Oleh karena itu, pendingin laptop berbahan besi sedikit lebih mahal ketimbang yang berbahan plastik.
Demikianlah informasi mengenai Pendingin Laptop: 3 Tips Memilih Sebelum Membelinya! Semoga bermanfaat :-)
Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:
Advertisement
Pendingin Laptop: 3 Tips Memilih Sebelum Membelinya! | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar