Tips Memilih Keyboard Komputer Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Tips Memilih Keyboard Komputer
Tips Memilih Keyboard Komputer
Tips Memilih Keyboard - Keyboard komputer adalah salah satu perangkat penting pada komputer. Kendati harganya termasuk paling murah dibandingkan bagian lainnya, namun fungsi keyboard termasuk paling vital jika dipandang dari segi fungsionalnya.

Tips Memilih keyboard komputer yang baik sangat lah diperlukan. Bisa dibayangkan ketika anda mendapatkan keyboard yang kurang responsif, bentuk yang tidak nyaman, hingga durabilitas yang kurang, membuat anda harus tersiksa dalam menggunakannya, yang hanya akan membuat anda mengeluarkan uang lebih untuk membeli keyboard baru.

Tips Memilih Keyboard Komputer Yang Baik

Port Penghubung
Tips memilih keyboard komputer dapat dimulai dengan mempertimbangkan port penghubung atau kabel colokan keyboard. Ada 3 jenis port keyboard yang ada saat ini, yaitu: ps/2, usb, dan wireless. Dari segi efisiensi, tentunya wireless merupakan pilihan, kendati sebagian besar keyboard wireless menggunakan baterai. Tapi pemakaian baterai pada keyboard cukup irit. Hanya diperlukan sekali penggantian setiap 4bulan untuk pemakaian rutin setiap hari. Pilihan kedua adalah port USB, sedangkan port PS/2 adalah jenis lama.

Mekanisme Tombol
Tips memilih keyboard komputer juga dapat memperhatikan 3 jenis mekanisme keyboard yang ada di pasaran saat ini, yaitu keyboard model silicon dome, tombol scissor dan mekanikal. 

Untuk keyboard standar memakai mekanisme silicon dome pada setiap tombol angka dan huruf di keyboard. Durabilitas keyboard yang satu ini memang tidak terlalu awet, namun dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Untuk jenis kedua, yaitu tombol scissor, mekanisme tombol lebih halus dan nyaman dari segala sisi. Keyboard yang satu ini direkomendasikan jika intensitas pemakaian komputer cukup tinggi.

Sedangkan pada jenis ketiga, yaitu model mekanikal umumnya memakai teknologi pegas sehingga cocok digunakan untuk pemakaian dengan intensitas tinggi, seperti bermain game. Keyboard jenis ini merupakan yang paling awet digunakan jika dipertimbangkan dari segi ketahanan.

Fisik & Fitur
Saat ini telah banyak sekali beredar keyboard dengan berbagai macam model dan fitur. Jangan kaget jika anda berkunjung ke toko komputer yang cukup lengkap, anda akan melihat keyboard dengan berbagai bentuk, mulai kecil hingga besar, mulai yang berbahan karet hingga berbentuk pola-pola unik. Ada yang tebal juga ada yang sangat tipis hingga bisa digulung.

Tips memilih keyboard komputer harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti: ketersediaan NUM atau tombol angka-angka, model keyboard QWERTY atau DVORAX, keyboard umum juga keyboard tahan air. Silakan sesuaikan dengan budjet anda.

Bentuk & Dimensi Keyboard
Masih berhubungan dengan poin diatas. Bentuk fisik keyboard saat ini sangatlah beragam. Pastikan agar anda memilih keyboard yang nyaman digunakan. Tidak semata hanya memperhatikan bentuk cantik dan imutnya saja. Saat ini, beberapa produsen keyboard bahkan memproduksi keyboard dengan menyertakan bantalan (wrist pad) yang menyatu dengan keyboad sehingga tangan menjadi lebih nyaman pada saat mengetik. Ada juga keyboard yang sudah built-in dengan mouse-pad. Tentu saja, keyboard-keyboard model ini dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan fitur dan kegunaannya.

Keyboard Umum dan Game
Tips memilih keyboard juga perlu memperhatikan dari segi kebutuhan. Bagi anda yang sangat hobi bermain game, saat ini sudah tersedia keyboard yang dirancang khusus untuk itu. Tentunya keyboard standard sedikit berbeda dengan keyboard game. Terutama pada tambahan fitur-fitur tombol yang dibuat untuk mempermudah gamer dalam menjalankan perintah pada game.

Demikianlah informasi mengenai Tips memilih keyboard komputer yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat :-)



Advertisement
Tips Memilih Keyboard Komputer Yang Perlu Diketahui | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar