Perbedaan Gagal Jantung dan Serangan Jantung

Advertisement
Perbedaan gagal jantung dan serangan jantung - Seringkali kita membaca artikel di internet yang menulis seputar penyakit jantung dan gagal jantung. Kendati keduanya merupakan penyakit yang menyerang organ yang sama, namun ternyata kedua penyakit fatal tersebut memiliki perbedaan, baik dari segi pertolongan maupun gejala penyakit. Apakah perbedaan antara gagal jantung dengan serangan penyakit jantung?

Penyakit Gagal Jantung dan Serangan Jantung

perbedaan gagal jantung dan serangan jantung
Ciri-ciri yang dapat dikenali pada penyakit gagal jatung umumnya datang secara mendadak, tanpa ada gejala yang mendahuluinya serta disebabkan oleh rusaknya organ jantung sehingga denyut jantung tak dapat bekerja secara normal, sehingga pasokan darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Penyakit gagal jantung memungkinkan detak jantung seseorang berhenti mendadak, hingga menyebabkan tak sadarkan diri / koma secara tiba-tiba.
Sementara serangan jantung terjadi karena pembuluh darah arteri yang menggumpal. Jadi ketika suplai darah yang menuju jantung terhenti, seseorang langsung terkena serangan jantung. 

Pertolongan Pertama Pada Gagal Jantung

Orang yang terkena serangan gagal jantung memang bisa berakibat sangat fatal. Pertolongan pertama pada gagal jantung hanya dapat dilakukan dalam tempo yang sangat singkat dan sangat sulit dilakukan oleh orang awam. Diperlukan pertolongan darurat melalui CTR atau dokter ahli.
Sedangkan pada gejala serangan penyakit jantung, hal yang pertama harus dilakukan adalah melonggarkan pakaian yang dikenakan, dan pastikan tubuh berada pada area terbuka yang bebas udara, pastikan agar suasana tenang. Setelah itu berilah nafas buatan beberapa kali.

Gejala Penyakit Gagal Jantung & Serangan Jantung

Gejala penyakit gagal jantung memang tidak dapat terdeteksi dan muncul secara mendadak. Denyut jantung menghilang dan nafas berhenti, sedangkan gejala pada serangan penyakit jantung umumnya menampakkan gejala yang juga mendadak, namun diawali dengan nyeri / sesak pada bagian dada, nyeri pada lengan sebelah kiri dan juga rahang/leher serta disertai dengan pendeknya nafas.

Penyebab Gagal Jantung & Serangan Jantung

Penyakit gagal jantung dipicu oleh rangsangan elektrik pada cardiovaskular serta mempengaruhi detak jantung. Pada sebagian penderita, penyakit gagal jantung juga dapat menyerang penyakit jantung. 
Sedangkan pada penyakit jantung, pemicunya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, seperti kelebihan berat badan, kadar kolesterol tinggi, hipertensi, stress, radang arteri, dan penyumbatan vena.

Perawatan Penyakit Gagal Jantung & Serangan Jantung

Perawatan terhadap penyakit gagal jantung yang dilakukan biasanya adalah melalui pencangkokan alat pada jantung untuk menyokong kerja jantung dalam memasok darah ke seluruh tubuh, selain juga ditunjang dengan obat-obatan yang dikonsumsi secara berkala.
Sedangkan perawatan pada penderita serangan jantung umumnya dilakukan melalui aturan diet sehat, pola makan sehat, pola hidup sehat, serta obat-obatan untuk menjaga kondisi jantung.
Demikianlah perbedaan gagal jantung dengan serangan jantung. Semoga bermanfaat :-)
Advertisement
Perbedaan Gagal Jantung dan Serangan Jantung | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar