Goa Putri: Objek Wisata Yang Eksotis nan Indah

Advertisement
Goa Putri - Negara Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Bentuk keindahan alamnya pun bermacam-macam mulai dari pantai, danau, gunung, taman, sungai, goa, sampai dengan tempat wisata yang sengaja dibuat oleh manusia. Bagi Anda yang mungkin sedang merencanakan liburan, Anda bisa memilih objek wisata goa putri. Objek wisata ini terletak di desa Padang Bindu, Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan. Bentuk dari goa ini sendiri adalah pada bagian atas atapnya dan juga lantai goa dipenuhi dengan stalagtit-stalakmit.

Posisi goa ini tumbuh dari bagian atas dan menjulur kebawah. Dalam objek wisata goa putri ini terdapat legenda yang terkenal di masyarakat yaitu tentang Putri dayang merindu yang sangat terkenal kecantikannya. Tidak hanya itu, ada cerita lain juga yang diyakini berasal dari goa putri. Yaitu cerita si pahit lidan. Maka dari itu di dalam goa Anda bisa menemukan tempat pemandian putri, ruang persamuan, pendapuran, balai pertemuan sampai ada juga singgasana putri. Muncul mitos yang mengatakan bahwa bila pengunjung mencuci muka dengan air yang ada di tempat pemandian putri, Anda bisa awet muka dan segala keinginan Anda bisa tercapai.

Menurut Riswan Dinata selaku Kepala Tata Usaha UPTD Museum Sipahit Lida dan Goa Putri, kedalaman dari goa putri ini mencapai 150 meter dengan lebar mencapai 20 meter. Dan sungai yang mengalir di dalam goa putri dengan deras tersebut adalah sungai Semuhan. Semuhan dalam bahasa Ogan berarti bermunajat. Dan sungai tersebut memiliki lebar hingga 10 meter. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi keindahan objek wisata goa putri ini, Anda bisa menjangkaunya dengan mudah.
 
Bila Anda dari Batu Raja jaraknya berkisar 40 KM kemudian kearah PT Bukti Asem di Tanjung Enim. Dan bila dari Palembang, objek wisata goa putri ini berjarak 230 KM atau sekitar 7 jam perjalanan melalui darat. Untuk masalah jalan akses kesana sudah mudah dan memiliki jalan yang bagus karena goa putri hanya berjarak 2 KM dari jalan lintas tengah sumatera. Untuk masuk ke objek wisata goa putri ini Anda harus membayar retribusi, untuk dewasa Rp5000, anak-anak Rp2500, dan siswa Rp.3000.

Objek Wisata Goa Putri 

Wisata Goa Putri (img by: Jhony Satria)

Menuju Pintu Masuk Goa Putri
Menuju Pintu Masuk Goa Putri

nampak dalam goa putri
di dalam goa

papan petunjuk goa
 Nah, bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Goa Putri? Untuk memandu perjalanan anda di dalam goa, jangan lupa perhatikan petunjuk - petunjuk yang disediakan oleh pihak manajemen.

Demikianlah informasi mengenai Goa Putri: Objek Wisata Yang Eksotis nan Indah. Semoga bermanfaat :-)

Artikel tips dan cara lainnya mengenai:

Advertisement
Goa Putri: Objek Wisata Yang Eksotis nan Indah | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar