Tips Wisata ke Pulau Tidung

Advertisement
Tips Wisata ke Pulau Tidung disini akan saya berikan buat kalian yang berencana mengisi liburan ke Pulau Tidung.
Tips Wisata ke Pulau Tidung
Tips Wisata ke Pulau Tidung
  1. Saat anda berada Di Kapal Feri menuju pulau tidung Pastiin ya anda datang lebih awal sebelum jam keberangkatan di dermaga muara angke atau mungkin marina ancol, karena jika kita datang lbh awal kita akan mendapat posisi enak di kapal yaitu bagian atas (lantai II) kapal. Sebab diposisi itulah kita berhasil mendapatkan view yg bagus untuk memandang luas laut serta jauh dari “kepengapan” dibanding dengan yang dapat posisi didalam kapal lantai dasar. (selain alasan agar tidak ketinggalan kapal).
  2. Homestay / Penginapan : Tanyakan kepada Agent Travel anda dimanakah letak penginapan yg akan anda tempati, apakah letaknya didekat laut (yang rata-rata hanya memiliki 1 kamar tidur atau langsung bedroom seperti losmen *serta jumlahnya yang sangat terbatas), ataukah penginapan yang letaknya agak ketengah (namun lebih bagus secara bangunan dan rata-rata memiliki 2 kamar tidur 2 kamar mandi serta ruang TV / keluarga). Jarak ke lokasi objek wisata utama yaitu Jembatan Cinta sama-sama jauh yang harus ditempuh dengan menggunakan sepeda yang telah disediakan dalam paket.
  3. Snorkeling : pada saat kegiatan snorkeling hal yang paling penting anda perhatikan adalah menjaga peralatan snorkeling yang anda pakai, karena bila anda sedikit lengah sehingga alat sn0rkeling yang anda pakai hilang atau tercebur ke laut atau masker rusak terinjak misalnya maka agent travel akan mengenakan denda berupa penggantian alat snorkeling yang harganya lumayan mahal kira-kira 250ribu untuk masker, 150ribu untuk selang snorkel, 300ribu untuk fin / kaki katak dan 75ribu untuk lifejacket / pelampung (berdasarkan pada studi kasus yang sering terjadi). Dan yang paling utama untuk keselamatan anda adalah tetap gunakan lifejacket walaupun anda bisa berenang, karena arus laut terkadang sangat deras dan untuk antisipasi sewaktu-waktu anda bisa kram otot. Terakhir hindari biota-biota laut yang membahayakan seperti “bulubabi”, ikan “lepo”, karang yang tajam, dan lain-lain, mintalah petunjuk dan jangan ragu bertanya kepada local guide anda jika ada hal-hal yg anda kurang faham dilapangan. (jangan lupa tanyakan juga kepada agent travel anda apakah snorkeling sudah termasuk dengan foto underwater buat kenang-kenangan).
  4. Banana Boat : jika anda ingin naik banana boat atau paket wisata anda sudah include fasilitas banana boat, tanyakan atau pilihlah banana boat atau watersport yang bisa menjamin kepuasan anda misalnya banana boat yang menyediakan tempat di speedboat nya untuk juru kamera anda agar moment “menunggangi” banana boat anda bisa terdokumentasikan.
  5. Lompat di Jembatan Cinta : belum lengkap rasanya ke pulau tidung jika blm pernah merasakan adrenalin lompat dari atas Jembatan Cinta, hal harus anda perhatikan demi keselamatan sebelum melompat perhatikan dulu di depan dan belakang kita apakah ada speedboat banana, jetski, atau kapal tradisional yang melintas, karena kolong jembatan cinta merupakan jalur lintasan banana boat dan kapal traditional, jangan sampai lompatan anda mendarat di atas boat karena akan menjadi petaka yang fatal untuk liburan anda dan teman-teman anda.

Tips Wisata ke Pulau Tidung

  1. Rencanakan Waktu Keberangkatan
  2. Rencanakan Anggaran Wisata dan Anggarkan Juga untuk Biaya Tak Terduga
  3. Review dan Perkirakan Cuaca Pada Waktu Keberangkatan Untuk Kelancaran Wisata Ke Pulau Tidung
  4. Prepare dan Pesan Semua Kebutuhan Wisata Di Pulau Tidung, Jika Tidak Mau Ribet Sekarang Banyak Jasa Agen Travel Yang Menyediakan Paket Wisata Ke Pulau Tidung tapi Pastikan Memilih Agen Yang Bisa dipercaya
  5. Siapkan Alat Dekomentasi Berupa Handycamp, Camera Digital Dll Untuk Mengabadikan Moment di Pulau Tidung
  6. Membawa Obat - Obatan Seperlunya
  7. Membawa Obat Anti Mabuk Laut, Bagi Yang Mabuk Laut Sangat disarankan Untuk Menggunakan Obat Anti Mabuk Laut Hal ini dikarnakan Lamanya Perjalanan 2.5 Jam Dari M. Angke – P. Tidung
  8. Membawa Snack Selama Perjalanan untuk Mengurangi rasa lapar dan sekaligus penghilang Jenuh dalam perjalanan
  9. Membawa Jacket untuk pengusir dingin dan Masuk Angin selama Berada di Pulau Tidung
  10. Membawa Baju Salinan Ekstra Banyak, hal ini dikarnakan kegiatan di pulau tidung banyak dihabiskan di laut dan berbasah – basahan.
  11. Membawa Sunblock, Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari Pada Saat Snorkling dan Bermain Water Sport di Pulau Tidung
  12. Membawa Gadged Portable Untuk Pengusir Jenuh Pada Saat diperjalanan Menuju Pelabuhan M. Angke dan Pada Saat Berada di Kapal Ferry M. Angke - P. Tidung
  13. Usahakan Lebih Awal Untuk Sampai di Pelabuhan M. Angke,untuk Menghindari keterlambatan dikarenakan Jadwal Kapal Ferry Hanya Satu Kali Keberangkatan.
  14. Pada Saat Berada di Perkampungan Pulau Tidung menggunakan Pakaian yang Sopan dan tidak membuat kegaduhan
  15. Tidak Membawa Senjata Tajam dan Narkoba Ke Pulau Tidung
Advertisement
Tips Wisata ke Pulau Tidung | Dinda Dim | 5

1 comments:

  1. hmmm artikel yang sangat bermanfaat sob, bisa jadi referensi yang bagus buat yang ingin pergi ke pulau tidung.

    Kunjung balik disini ya sob:
    http://topwaysolution.blogspot.com/2013/11/tips-wisata-ke-bali-untuk-traveller.html

    BalasHapus