Windows Phone vs iPhone Dan Strategi Microsoft Kuasai Pasar

Advertisement
Windows Phone vs iPhone - Bicara soal smartphone, nama Windows Phone boleh dikatakan sebagai pendatang baru. Namun berbekal nama besar Microsoft dengan dana besarnya membuat mereka menjadi kompetitor serius bagi 2 vendor yang mendominasi saat ini, yaitu Samsung dan Apple. Keseriusan Microsoft untuk ikut mengeruk pangsa pasar smartphone terlihat dari diakuisisinya perusahaan raksasa Nokia pada tahun 2013 lalu. Kolaborasi Microsoft dengan Nokia terhadap  produk Windows Phone nya terbukti mampu menggeser Apple iPhone dalam hal penjualan pada  tahun 2013 silam.

Menurut informasi yang dimuat pada majalah Forbes edisi Januari 2014 menunjukkan angka penjualan yang dibukukan oleh Windows Phone mampu merangkak naik secara perlahan yang mulai menempel ketat produk Apple dengan iPhone nya. Dari data statistik penjualan Windows Phone sepanjang tahun, tercatat ada 24 negara yang memiliki nilai penjualan yang melebihi iPhone. 3 negara Asia Tenggara yang memiliki nilai penjualan Windows Phone yang mengungguli iPhone, antara lain Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Gabungan nilai penjualan Windows Phone dengan Nokia Lumia mampu membukukan peningkatan penjualan sebesar 156% pada masa periode Agustus - Desember 2013. Persentase tersebut bahkan mampu mengungguli penjualan smartphone Android yang hanya meningkat dikisaran 70% saja. Keunggulan Windows Phone atas iPhone ini tak terlepas dari 'bantuan' Nokia terhadap seri Lumia murahnya. Untuk perkembangna ke depan, bukan tak mungkin Windows Phone akan mampu menjadi smartphone terlaris kedua yang sejajar dengan Android.
Windows Phone vs iPhone
Windows Phone vs iPhone (digitaltrends.com)

Windows Phone dan Strategi Kuasai Pangsa Pasar

Untuk mengejar nilai penjualan iPhone secara global, Microsoft rela mengucurkan dana triliunan rupiah untuk bekerja sama dengan vendor dan pengembang smartphone manapun untuk menggunakan OS mereka. Salah satu vendor besar Sony yang sudah menggunakan OS Android pada sederet smartphone andalan mereka, bahkan kabarnya merasa cukup tergiur dengan tawaran dari Microsoft. Bukan hanya Sony saja, menurut informasi terbaru yang dirilis oleh Softpedia, bahkan vendor raksasa Samsung yang selama ini menjadi rajanya smartphone Android pun kabarnya siap dibayar $1 milyar atau setara 12 triliun! Sedangkan tawaran yang diberikan kepada Sony sebesar $500 juta. Vendor lainnya yang juga diketahui menerima tawaran menggiurkan ini adalah Huawei dan beberapa nama lainnya dengan dana yang lebih kecil.

Selain vendor, Microsoft juga sudah berhasil menggaet beberapa pengembang aplikasi besar, seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, dan Path untuk meluncurkan aplikasi mereka di smartphone Windows Phone. Upaya yang dilakukan oleh Microsoft ini merupakan langkah besar yang dilakukan untuk mengalahkan dominasi OS Android milik Google selama beberapa tahun terakhir ini.

Demikianlah informasi mengenai Windows Phone vs iPhone Dan Strategi Microsoft Kuasai Pasar. Semoga bermanfaat :-)

artikel dinda dimas lainnya mengenai:

Advertisement
Windows Phone vs iPhone Dan Strategi Microsoft Kuasai Pasar | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar