Tips Merawat Harddisk Eksternal Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Tips Merawat Harddisk Eksternal - Harddisk eksternal adalah perangkat yang sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi pengguna komputer selain USB Flashdisk. Selain praktis dan mudah dibawa kemana saja, Harddisk Eksternal juga hadir dengan kapasitas yang besar sehingga mampu menyimpan data pengguna dalam jumlah besar dibandingkan USB Flashdisk.

Bagi pemilik Harddisk Eksternal, tentunya diperlukan pengetahuan sederhana mengenai tips merawat Harddisk eksternal agar bisa bertahan lama dan tetap awet digunakan. Dibawah ini dirangkum 6 tips merawat  harddisk eksternal yang perlu diketahui. Apa saja kah itu?

Beberapa Tips Merawat Harddisk Eksternal Yang Perlu Diketahui
tips merawat harddisk eksternal
tips merawat harddisk eksternal

Gunakan "Safety Remove Hardware" -  Cukup banyak pengguna yang sering mencabut kabel penghubung USB Harddisk eksternal begitu selesai mengunakannya sehingga memutus arus listrik dan integrasi data secara mendadak. Hal demikian dapat mempengaruhi usia penggunaan harddisk eksternal. Untuk itu, disarankan agar menggunakan fitur "Safety Remove Hardware" yang terletak pada ikon tray kecil disebelah kanan bawah jendela Windows anda (dekat penunjuk tanggal & waktu). Cara ini merupakan rekomendasi yang dianjurkan untuk pengguna.

Scan & Defrag Harddisk Secara Rutin - Oleh karena bersifat plug-n-play membuat Harddisk eksternal menjadi rawan terkena virus. Sehingga sangat disarankan agar melakukan scan virus secara rutin untuk menghindari virus yang nyelip masuk ke dalam harddisk tanpa diketahui. Selain scan virus, juga diperlukan defragment Harddisk secara teratur agar performa Harddisk tetap terjaga, serta mencegah kerusakan bad sector pada Harddisk. Untuk melakukan defrag Harddisk bisa menggunakan fitur standar bawaan Windows atau software defrag gratis yang banyak tersedia di internet.

Jangan Tergoncang - Saat Harddisk eksternal sedang bekerja atau terhubung dengan komputer maupun laptop, jangan pindah-pindahkan harddisk eksternal dengan tujuan untuk menghindari bad sector pada harddisk yang sedang bekerja. Imbasnya, dapat merusak data dan beberapa ruang kosong pada harddisk eksternal sehingga tak dapat terbaca lagi, baik sementara maupun permanen.

Taruh di permukaan Datar - Pastikan agar harddisk eksternal ditaruh di permukaan yang rata, tidak dalam posisi miring maupun diagonal. Hal tersebut untuk menghindari beban berlebihan pada roda platter dan jarum magnet yang sedang berputar di dalamnya yang dapat berpengaruh pada proses pembacaan data.

Pendingin Harddisk - Meskipun tidak 100% diperlukan, tapi pemasangan fan atau kipas harddisk tambahan bisa menjaga temperatur harddisk agar tetap optimal. Meningkatnya temperatur harddisk eksternal yang berlebihan dapat memperlambat kinerja harddisk.

Back-Up Data - Pada beberapa tipe harddisk disediakan software bawaan untuk memback-up data. Gunakan software tersebut untuk memback-up data anda secara berkala untuk mencegah kerusakan baik secara fisik maupun akibat virus yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Demikianlah sejumlah tips merawat Harddisk eksternal yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat :-)

artikel dinda dimas lainnya mengenai:
Advertisement
Tips Merawat Harddisk Eksternal Yang Perlu Diketahui | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar