4 Efek Kurang Tidur Terhadap Berat Badan

Advertisement
Efek Kurang Tidur Terhadap Berat Badan - Tidur adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Para ahli kesehatan menganjurkan waktu tidur selama 8 jam untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan istirahat.  Manfaat tidur, selain mengembalikan kondisi tubuh, memperbaiki kerusakan tubuh, juga berpengaruh terhadap berat badan. Tak banyak yang menyadari bahwa tidur juga berefek pada berat tubuh. Bagi anda yang sudah menjalankan diet menaikkan atau menurunkan berat badan, menjaga pola makan sehat, tapi masih juga gagal, ada baiknya agar memeriksa kembali bagaimana pola tidur anda selama ini. Berdasarkan informasi yang diberitakan oleh boldsky, setidaknya terdapat 4 efek kurang tidur dan pengaruhnya terhadap berat badan. Apa sajakah itu?

Efek Kurang Tidur Terhadap Berat Badan

efek kurang tidur
efek kurang tidur terhadap berat badan
Hormon - efek kurang tidur dapat mengacaukan keseimbangan hormon kortisol dalam darah. Dengan meningkatkan produksi hormon ini menyebabkan seseorang terasa ingin selalu makan dan lapar juga merusak keseimbangan nafsu makan alami sehingga membuat proses diet anda menjadi terganggu.

Metabolisme - efek kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan metabolisme dalam tubuh sehingga membuat kadar hormon ghrelin menjadi tak seimbang sehingga nafsu makan seseorang menjadi tidak normal. Menurunnya metabolisme dalam tubuh membuat proses pembakaran menjadi terhambat.

Cemilan - efek kurang tidur juga membuat seseorang 'melanggar' aturan diet dan pola makan sehat. Biasanya orang yang kurang jam tidur membuatnya merasa lapar akan makanan manis, berkalori, dan tak sehat. Hal tersebut membuat proses diet menjadi terhambat.

Mood - efek kurang tidur juga mempengaruhi fisik dan psikis secara langsung. Kurang tidur membuat tubuh menjadi lemas, tak bergairah, mengantuk, dan tak berenergi. Hal tersebut dapat mempengaruhi mood seseorang dalam beraktivitas secara langsung.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efek kurang tidur membawa dampak buruk bagi kesehatan. Selain mempengaruhi berat badan, kurang tidur juga membuat kekebalan tubuh menurun sehingga seseorang akan lebih mudah terserang penyakit.

Demikianlah informasi mengenai 4 Efek Kurang Tidur Terhadap Berat Badan. Semoga bermanfaat :-)

artikel dinda dimas lainnya mengenai:


Advertisement
4 Efek Kurang Tidur Terhadap Berat Badan | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar