Nutrisi Untuk Penderita Diabetes

Advertisement
 
nutrisi untuk penderita diabetes
nutrisi untuk penderita diabetes
Nutrisi Untuk Penderita Diabetes - Diabetesi (penyandang diabetes) kerap mengalami defisiensi nutrisi, khususnya vitamin, mineral dan antioksidan. Dapat juga diatasi dengan suplemen khusus diabetes. Diabetes mellitus tipe 2 (DM2) identik dengan mereka yang doyan makan sehingga 'kelebihan nutrisi'. Yang sering tidak disadari penyandang diabetes, mereka lambat laun akan kekurangan nutrisi khususnya vitamin dan mineral. Kadar gula yang tinggi dalam darah, menahan air sehingga volume air di ginjal meningkat dan tidak bisa lagii direabsorsi (diserap ulang). Karena sering buang air kecil, vitamin dan mineral dengan sendirinya ikut terbuang bersama air seni.

Nutrisi Untuk Penderita Diabetes Yang Paling Penting

Lalu manakah nutrisi untuk penderita diabetes yang paling baik? Vitamin, dan mineral merupakan mikonutrien penting untuk penyerapan nutrisi. Defisiensi mikronutrien bisa menyebabkan defisiensi nutrisi secara keseluruhan. Akibat yang ditimbulkan bisa lebih serius, karena beberapa vitamin dan mineral bekerja sebagai antioksidan. Sedangkan, metabolisme gula pada penyandang diabetes menyebabkan produksi radikal bebas meningkat.

Pentingnya nutrisi untuk penderita diabetes juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bersifat sebagai molekul tak terkendali yang bisa merusak pembuluh darah dan organ lainnya. Peningkatan produksi radikal bebas yang diikuti penurunan antioksidan, menyebabkan tidak ada lagi yang bisa meredam radikal bebas. Akhirnya munculah berbagai komplikasi lain.

Berbagai penelitian memperlihatkan hubungan antara stress oksidatif pada penderita diabetes dengan berbagai komplikasi. Nah, terapi dengan tambahan antioksidan dapat mengurangi resiko komplikasi. Terapi nutrisi untuk penderita diabetes sangat dianjurkan untuk membantu defisiensi nutrisi.

Selain melalui sayur-sayuran dan buah-buahan, suplemen nutrisi untuk penderita diabetes yang mengandung berbagai vitamin dan mineral sepert vitamin A, C, E, dan B kompleks dapat meningkatkan kadar antoksidan serta berperan dalam metabolisme karbohidrat, sehingga digunakan sebagai energi.

Vitamin B9 (asam folat) juga memperbaiki kondisi dinding pembuluh darah, yang kerap mengalami disfungsi pada DM2. Selain nutrisi untuk penderita diabetes, Mineral juga sangatlah penting, seperti kromium yang berfungsi meningkatkan kerja insulin. Oleh karena itu, jika anda ingin mengkonsumsi atau memilih suplemen yang menyediakan nutrisi untuk penderita diabetes, pastikan mengandung komposisi vitamin dan mineral yang disebutkan diatas. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu pada bagian bagian kemasan.

Demikianlah informasi mengenai Nutrisi Untuk Penderita Diabetes. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Dinda-dimas lainnya mengenai:

Advertisement
Nutrisi Untuk Penderita Diabetes | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar