Aturan dan Tips Minum Air Putih Saat Berolahraga

Advertisement
Aturan dan Tips Minum Air Putih Saat Berolahraga - Cara kerja ginjal kita sungguh luar biasa. Dalam 5 menit, semua darah tercuci. Demikianlah seperti yang diungkapkan oleh dr. Bambang Djarwoto sp.PD-KGH. Sebanyak 1.500 liter darah disaring oleh ginjal setiap hari, dan 1,5 liter keluar berupa urin.  

Para ahli ginjal menyarankan agar cara kerja ginjal menjadi maksimal bagi tubuh, usahakan agar intensitas urin yang keluar bisa mencapai 2 liter/hari. Caranya? "Minum lebih banyak. Idealnya, kita buang air kecil tiap 3-4 jam. Saat tidur malam, harus bangun untuk buang air kecil 1-3 kali. Itu patokan bahwa kita cukup minum," tuturnya.


Aturan dan tips minum air putih
Selama ini dipercaya bahwa aturan dan tips minum air putih yang disarankan adalah kita harus minum sebanyak-banyaknya bila berolahraga. Ternyata data dari Boston Marathon menunjukkan, 32,6% orang kolaps di garis finish karena terlalu banyak minum. 

Asupan cairan yang terlalu banyak justru bisa melebihi kemampuan ginjal dalam menyaring cairan, sehingga terjadi penumpukan cairan sehingga kadar natrium lebih rendah dari seharusnya (hiponatremia). Hiponatremia juga bisa terjadi akibat olahraga terlalu lama dan atau terlalu berat. Itu terjadi bila asupan cairan kurang,sehingga konsentrasi natrium menjad terlalu tinggi.

"Gejala keduanya mirip, sama-sama berbahaya dan dapat mengganggu fungsi ginjal" terang dr. Bambang.

Mual, pusing, atau mata berkunang-kunang adalah tanda awal bahwa tubuh kurang cairan. Pingsan saat berolahraga bisa akibat hiper atau hiponatremia selain bisa berujung koma (pingsan) bisa mengakibatkan kematian.

Untuk pencegahan, aturan dan tips minum air putih yang baik adalah meminum sebelum, selama dan sesudah berolahraga, tapi jangan berlebihan. Pengurangan air 4% dari berat badan sudah berbahaya. Jangan menunggu hingga haus. Minum sebelum haus, berhenti saat tidur. Demikianlah nasihat dari dr. Bambang lebih lanjut.

Aturan dan Tips Minum Air Putih ketika Berolahraga

Menurut dr. Wisnu, sebaiknya timbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga. "Bukan untuk mengukur lemak yang terbuang, tapi mengukur cairan yang hilang," ujarnya. Untuk aturan dan tips minum air putih yang baik adalah, minum 500-600 ml air / sport drink, 4 jam sebelum berolahraga.

Ini sulit dilakukan bila olahraga di pagi hari. Jadi, minumlah 250-350ml air (satu gelas besar), 10-15 menit sebelum olahraga. Saat olahraga, minum 100-250 ml sport drink tiap 10-15 menit. Bila total latihan lebih dari 60 menit, minum 100-250 ml sport drink tiap 10-15 menit. Dan, jangan minum lebih dari 950ml air/jam selama berolahraga.

Sesudah olahraga, cek berat badan dan warna urin. Kekurangan cairan harus diganti dalam 2 jam. Tiap penurunan 0,5 kg berat badan, minumlah 600-700 ml air atau sport drink.Suhu air yang dianjurkan yakni suhu ruang 15-21 derajat celcius karena lebih mudah diserap oleh saluran cerna.

Demikianlah informasi mengenai aturan dan tips minum air putih ketika berolahraga. Semoga bermanfaat
Advertisement
Aturan dan Tips Minum Air Putih Saat Berolahraga | Artikel Konten | 5

1 comments: