Penyebab Kegagalan: Ketahui 31 Sebabnya!

Advertisement
Penyebab Kegagalan
Faktor Yang Menyebabkan  Kegagalan
Penyebab Kegagalan - Kita mengetahui di dalam hidup ini ada 2 hal yang berhubungan dengan pencapaian, yaitu Kegagalan dan Keberhasilan. Pada kenyataannya, tidak ada keberhasilan dan kesuksesan tanpa adanya kegagalan yang mendahuluinya. Semua penemu besar, seperti Thomas Alva Edison, Albert Einstein, Abraham Lincoln, dan banyak lagi, sudah tak asing lagi dengan yang namanya kegagalan.

Penyebab kegagalan menghasilkan dua respon yang berbeda bagi setiap manusia, yaitu berhenti dan menyerah (karena tidak mau kembali merasakan pahitnya kegagalan), atau bangkit kembali dan menganalisa penyebab kegagalan untuk mencoba kembali dengan strategi baru.


Tentu saja, bagi siapa saja yang menginginkan kesuksesan, diperlukan pengetahuan mengenai apa-apa saja hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan yang menghambat kesuksesan. Berikut ini adalah 31 sebab penyebab kegagalan, seperti yang disebutkan dalam buku motivasi terlaris,  Think and Grow Rich karya Napoleon Hill. Apa saja kah itu?

Penyebab Kegagalan dan 31 Hal Yang Menyebabkannya

Faktor Bawaan Lahir 
Faktor bawaan lahir seperti cacat fisik, keterbelakangan mental merupakan penyebab kegagalan yang paling sulit untuk diperbaiki. Diperlukan terapi terlebih dahulu untuk menyembuhkan faktor keterbelakangan mental.

Tidak Memiliki Tujuan Hidup
Dalam bukunya, Napoleon Hill menyebutkan dari hasil penelitiannya, bahwa 98% orang-orang tidak mengetahui bahkan mengenali apa tujuan hidupnya, apa yang ingin dicapainya, dan bagaimana ia mencapainya. Hal ini merupakan penyebab kegagalan yang paling banyak di alami oleh orang-orang.

Tidak Memiliki Motivasi untuk Hidup Diatas Rata-Rata
Pada kenyataannya, banyak orang yang ingin sukses, tetapi mereka merasa malas atau tak memiliki motivasi untuk mencapainya, sehingga kesuksesan dan kekayaan hanya tinggal di dalam angan-angan nya saja,

Tidak Memiliki Pendidikan
Penyebab kegagalan yang satu ini juga umum dialami oleh orang. Diperlukan niat dari individu yang bersangkutan untuk terus menggali pengetahuan secara terus menerus untuk menutupi kekurangan dibidang ini. Pada kenyataannya, sebagian besar orang-orang sukses yang disebutkan sebelumnya, seperti Henry Ford, Albert Einstein, dan Thomas Alva Edison bahkan tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi. 

Tidak Memiliki Disiplin
Ketidakmampuan untuk mengendalikan diri dari hal-hal negatif merupakan salah satu penyebab kegagalan.

Faktor Kesehatan
Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meraih kesuksesan. Dengan tubuh yang sakit-sakitan, tentunya akan menghambat pencapaian dan cita-cita anda.

Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan cenderung mempengaruhi karakter seseorang. Terlebih jika seseorang telah hidup dan terbiasa dengan lingkungan tersebut. Banyak sekali orang yang tumbuh besar dan menjadi seorang kriminal oleh karena pengaruh lingkungan yang menghambatnya untuk maju.

Kebiasaan Menunda
Kebiasaan menunda-nunda adalah salah satu penyebab kegagalan yang paling sering dialami oleh orang-orang. Mereka cenderung selalu menunggu waktu yang paling tepat untuk memulai. Pada kenyataannya tidak ada waktu yang paling tepat untuk memulainnya selain saat ini! Dan segala kekurangan akan diperbaiki seiring dengan perjalanan anda.

Kurangnya Kegigihan
Untuk mencapai kesuksesan, yang dibutuhkan terutama adalah motivasi. Namun motivasi yang tak diiringi dengan kegigihan merupakan 'pengakhir' yang buruk. Kurangnya kegigihan membuat seseorang mudah menyerah ketika hambatan muncul.

Bersifat Negatif
Kepribadian negatif juga mempengaruhi kesuksesan seseorang. Keberhasilan ditentukan juga oleh seberapa banyak anda membina hubungan dengan orang lain. Dengna kepribadian yang negatif bisa menjadi penyebab kegagalan dalam setiap usaha dan pencapaian anda. Karena pada kenyataannya, tidak ada seorang pun yang bisa berhasil tanpa ada bantuan orang lain.

Tak Bisa Mengendalikan Nafsu Seksual
Nafsu yang satu ini memang 'bawaan alam' dan merupakan kebutuhan bagi manusia. Namun, lemahnya seseorang dalam mengontrol nafsu badaniah ini justru dapat menghancurkan pencapaian seseorang, melemahkan semangat, menimbulkan rasa malas, cenderung berpikiran kotor, dll.

Tak Bisa Mengendalikan Nafsu Keinginan
Tidak mampunya seseorang mengendalikan keinginan, hidup terlalu boros, berfoya-foya untuk hal yang tidak penting, serta menghabiskan kekayaan merupakan salah satu penyebab kegagalan. Pada kenyataannya, kita selalu memerlukan simpanan untuk: meningkatkan kebutuhan usaha maupun untuk kebutuhan mendesak yang tak bisa diperkirakan. Sisihkanlah sebagian simpanan anda untuk hal-hal tersebut.

Tidak Bisa Mengambil Keputusan
Orang yang tidak memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan akan cenderung 'berputar-putar', plin-plan, mudah berubah, menunda, dll, sehingga keragu-raguan mereka sulit meraih kesuksesan.

Memiliki Ketakutan Yang Tak Mendasar
Salah satu penyebab kegagalan yang paling sering terjadi pada orang adalah ketakutan yang tak mendasar, seperti: takut ditolak, takut rugi, takut kehilangan, takut dikritik, takut tidak nyaman, dll. Seorang pemenang adalah orang yang mampu mengalahkan dan mengendalikan perasaan takut mereka.

Pasangan Hidup Yang Salah
Perkawinan adalah salah satu penyebab kegagalan. Banyak orang yang ambisinya terganggu hanya karena fokusnya sirna akibat urusan rumah tangga yang hancur.

Takut Mengambil Resiko
Takut mengambil resiko atau terlalu berhati-hati juga membuat seseorang menjadi merasa 'serba salah'. Hal yang menyebabkan lewatnya kesempatan ada 2: Sikap terlalu berhati-hati dan sikap yang kurang berhati-hati. 

Rekan Bisnis Yang Salah
Banyak orang yang gagal dalam bisnis disebabkan oleh buruknya rekan bisnis mereka, seperti: atasan / bawahan / tim yang tidak bisa diajak bekerja sama. Bahkan tidak sedikit orang yang salah menanam modalnya pada rekan bisnis yang salah, justru membuatnya menderita kerugian.

Tahayul & Prasangka
Banyak orang yang percaya terhadap tahayul sehingga menimbulkan prasangka yang tidak-tidak. Misalnya harus-ini, harus-itu yang justru dapat menyita energi positif yang dimiliki olehnya untuk melakukan hal-hal yang seharusnya lebih bermanfaat.

Pekerjaan Yang Tidak Sesuai
Salah satu penyebab kegagalan utama pada kebanyakan orang adalah kurangnya kesesuaian antara pekerjaan dengan passion nya. Untuk mencapai keberhasilan diperlukan keselarasan antara hobi / minat / kecintaan terhadap pekerjaannya.

Tidak Memiliki Fokus
Kekuatan fokus sangat diperlukan untuk membuat pekerjaan menjadi lancar, terarah dan menghindari kesalahan. Kurangnya konsentrasi terhadap usaha yang digeluti hanya akan membuat seseorang menjadi 'ogah-ogahan' 

Atur Keuangan
Poin yang satu ini berkaitan dengan poin yang dibahas sebelumnya. Untuk membangun kesuksesan diperlukan manajemen keuangan yang baik. Bisa menyisihkan keuangan untuk: pemakaian, modal, dan simpanan. 

Tidak Memiliki Antusiasme
Antusiasme membuat seseorang menjalankan cita-citanya dengan penuh semangat, tidak peduli dengan hambatan. Kurangnya antusiasme dalam meraih tujuan merupakan salah satu penyebab kegagalan.

Berhenti Belajar
Tidak ada batasan untuk belajar. Dengan berhenti belajar, maka seseorang bisa dikatakan telah 'mati'. Berhenti belajar atau tidak mau belajar merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis. Pengalaman juga belajar, dan belajar juga senjata untuk memberi petunjuk bagi anda dalam menjalani sesuatu.

Ketergantungan terhadap Drugs
Ketergantungan terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang merupakan penyebab kegagalan yang sangat besar pengaruhnya. Karena semuanya dapat menghancurkan pikiran, motivasi dan semangat seseorang untuk meraih kesuksesan.

Kurangnya Kemampuan Untuk Bekerja Sama
Banyak sekali orang-orang yang tidak mampu bahkan tidak mau bekerja sama dengan orang-orang. Mungkin karena pikiran negatif mereka. Padahal kerja sama yang tepat mampu membawa kesuksesan yang lebih besar bagi pencapaian.

Melakukan Usaha Yang Tidak Benar
Banyak orang-orang yang cenderung menyukai usaha yang cepat menghasilkan uang, meskipun kenyataannya usaha tersebut menyimpang. Hal tersebut tentu saja bukan saja membawa keberhasilan sesaat, tetapi juga merupakan penyebab kegagalan akibat kekeliruan akan cara pandang.

Kurangnya Kejujuran
Banyak sekali orang yang bekerja dengan mengesampingkan kejujuran, khususnya bagi mereka yang masih bekerja di bawah instansi maupun perusahaan. Orang yang selalu membawa sifat tak jujurnya demi mendapatkan keuntungan pribadi merupakan penyebab kegagalan dalam karir yang perlu dihindari.

Sikap Sombong
Sikap sombong merupakan hal yang perlu dihindari. Banyak sekali orang-orang sombong sukses yang tak mampu mempertahankan kesuksesan mereka.

Terlalu Banyak Menebak-nebak
Banyak sekali orang yang mengambil keputusan dengan berdasarkan alih-alih menerka-nerka saja. Hal tersebut bukan saja merugikan, juga merupakan penyebab kegagalan.

Tidak Memiliki Modal
Penyebab kegagalan yang sering dialami oleh orang-orang ada 2: yaitu tidak memiliki modal, dan tidak memiliki cadangan modal. Pada kenyataannya modal merupakan hal yang penting. Dan modal terbagi menjadi 2, yaitu modal materi dan modal pemikiran/ide/terobosan/tenaga. 

Jika seseorang tidak memiliki yang pertama, maka modal kedua mutlak diperlukan. Berdasarkan kisah-kisah sukses orang-orang besar, modal kedualah yang berperan lebih besar menentukan kesuksesan dibandingkan modal yang pertama.

Penyebab Kegagalan Lainnya
Silakan tambahkan penyebab kegagalan lainnya yang tak tercantum dalam 30 poin diatas disini.

Demikianlah informasi mengenai 31 Penyebab Kegagalan. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Dinda-Dimas lainnya mengenai:
Advertisement
Penyebab Kegagalan: Ketahui 31 Sebabnya! | Artikel Konten | 5

1 comments: