Artikel Motivasi Bisnis: Makna Kekuatan Fokus

Advertisement
Pagi-pagi benar, seorang pengusaha menemui seorang penasihat bisnis untuk berkonsultasi tentang kondisi perusahaannya yang saat itu kritis. Setelah ayahnya meninggal, ia adalah orang yang paling berhak untuk meneruskan perusahaan milik keluarga.

"Perusahaan saya sekarang dalam kondisi yang kritis. Padahal, sebelum ayah meninggal beberapa bulan yang lalu, perusahaan itu berkembang pesat. Belakangan ini, setiap bulan tidak pernah ada pemasukan. Saya pun harus membayar utang kepada bank. Jika kondisi ini terus-menerus terjadi, saya sangat khawatir jika suatu ketika saya tidak bisa membayar utang bank sehingga pihak bank menyita perusahaan saya beserta semua asetnya."


"Setelah ayah Anda meninggal, kegiatan apa yang anda lakukan?" tanya penasihat. 'Setelah ayah meninggal, saya harus berlatih keras untuk mengikuti turnamen golf. Beberapa bulan kemudian, saya harus mempersiapkan diri untuk ikut regu pendakian Gunung Elbrus di Rusia. Belum lama berselang, saya mempersiapkan kendaraan saya untuk mengikuti tour off-road .Itulah beberapa kegiatan yang saya lakukan setelah ayah meninggal.' jelas pengusaha tersebut.

Mendapat penjelasan demikian, sang penasihat tersenyum lalu berkata, "Inilah penyebab menurunnya pendapatan perusahaan anda."

"Bagaimana bisa? Apa hubungannya dengan kegiatan saya" tanya pengusaha itu heran. "Tentu saja ada hubungannya. Ketika anda melakukan semua aktivitas tersebut, anda telah mengeluarkan uang perusahaan dengan jumlah yang sangat banyak. Selanjutnya, anda tidak pernah serius dalam menjalankan perusahaan sehingga tidak ada kemajuan. Anda lebih mengutamakan olahraga dibandingkan mengurusi perusahaan. Inilah penyebabnya," jelas penasihat itu lagi.

Penjelasan penasihat mampu menyadarkan suatu kekeliruan sehingga perusahaannya mengalami kondisi kritis. "Menurut Bapak, apa yang harus saya lakukan? tanya pengusaha lagi.

"Kembali dan pusatkan seluruh perhatian pada perusahaan. Berusahalah untuk mengembangkan kinerja perusahaan. Jangan terpengaruh dengan hal-hal lain jika tidak ingin perusahaan Anda gulung tikar." jelas penasihat lagi.

Pengusaha kemudian kembali dan berusaha untuk menekuni bisnisnya dibanding mengikuti kegiatan olahraga. Sejak itu, ia memfokuskan seluruh perhatiannya untuk berupaya menyelamatkan perusahaan. Akhirnyua, perusahaan miliknya kembali berjalan normal sebagaimana sebelumnya.

Artikel Motivasi Bisnis: Makna Kekuatan Fokus

'Fokus anda mungkin saja cedas, dapat membaca situasi, kreatif, dan berpengetahuan luas, tetapi tidak akan ada yang terpakai jika pikiran Anda tidak berada dalam pekerjaan Anda' ~ New Scientist Magazine
Bisnis apa pun yang sedang kita jalankan, dan apa pun yang sedang kita lakukan saat ini harus dilakukan dengan sungguh - sungguh. Kita tidak boleh terpengaruh oleh hal-hal lain. Sebuah bisnis jika dilakukan dengan setengah hati pasti tertinggal, bahkan mengalami kegagalan.

Kita harus memiliki fokus penuh atas apa yang sedang kita kerjakan. Lakukan dengan penuh tanggung jawab, dan kita akan mengalami kemajuan. 

Tetap fokus adalah kunci utama kesuksesan dalam dunia bisnis dan usaha apa pun. Ingat bahwa orang lain tidak akan memberikan apa pun kepada kita, selain kita bekerja keras. Bertanggungjawablah terhadap setiap situasi dan kondisi yang kita jumpai dalam perjalanan bisnis, tanpa kecuali.

Banyak orang yang menginginkan kesuksesan. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuka bisnis. Namun setelah itu, mereka tidak fokus pada pekerjaannya. Akibatnya adalah kegagalan. Ketika gagal, mulai ada rasa takut untuk memulai lagi dengan lebih baik. Karena mengalami kegagalan, timbul keinginan untuk meninggalkan apa yang telah dilakukan sebelumnya, dan merasa menyesal.

Fokus membantu kita tetap berjalan di jalan yang benar. Para ilmuwan tersohor dunia telah mengajari kita untuk tetap fokus pada apa yang sedang kita lakukan. Jika Alexander Graham Bell tidak berfokus pada apa yang ia lakukan, saat ini kita tidak mungkin menikmati kemudahan berkomunasi dengan telepon.

Demikianlah informasi artikel motivasi bisnis tentang makna kekuatan fokus yang dikutip dari buku berjudul A Cup of Success karangan Yohannes Babtista. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel bisnis sebelumnya:
Advertisement
Artikel Motivasi Bisnis: Makna Kekuatan Fokus | alphabookm , | 5

0 comments:

Posting Komentar