Tips Membuat Blog Berkualitas di Mata Search Engine

Advertisement
Semenjak Google mengeluarkan algoritma Penguin dan Panda nya pada tahun 2011 lalu, banyak sekali blog maupun website yang anjok, baik peringkat maupun pengunjungnya. Fokus blog yang berimbas terhadap algoritma Penguin dan Panda milik Google adalah blog yang memiliki konten yang tidak original atau hasil copas. Faktor kedua adalah blog yang menggunakan teknik backlink yang tidak wajar.

Lalu bagaimanakah cara membuat blog berkualitas yang dimaksud oleh mbah Google? Menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah 3 hal yang dimaksud dengna blog berkualitas yang ditulis dalam blog resmi mereka.

Tips Membuat Blog Berkualitas di Mata Search Engine

Hindari Penggunaan Banyak Sub-Domain atau Blog Copas
Untuk membuat blog berkualitas, mereka menyebutkan tidak tergantung kepada kuantitas situs yang anda buat yang mengarah pada domain, situs, atau blog utama. Misalnya anda mempunyai situs: alamatsaya.com. Lalu dengan maksud ingin memberi backlink tambahan, anda bermaksud membuat sub-domain dengan nama: contoh.alamatsaya.com.

Selain sub-domain, penggunakan blog web2 seperti blogger, wordpress, tumblr, dsb, yang diisi dengan artikel copas yang bertujuan untuk memberi backlink memperkuat blog utama juga dianggap tidak membantu meningkatkan ranking pencarian sama sekali. Google menyarankan agar kita lebih berfokus untuk membuat blog berkualitas yang memiliki artikel unik daripada ratusan blog dengan artikel copas.

Berikan Artikel Yang Membuat Pengunjung Memiliki Alasan Untuk Kembali
Google menyarankan agar kita membuat website/blog berisi informasi bermanfaat yang membuat para pengunjung merasa perlu untuk kembali ke website tersebut. Website yang memberikan informasi yang berbeda dengan situs lainnya. Untuk membuat blog berkualitas demikian memang memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.
Membuat Blog Dengan Informasi dan Navigasi Yang Jelas
Membuat blog berkualitas sesuai dengan keinginan mbah Google adalah blog yang isinya tidak membingungkan para pengunjung, seperti iklan yang mengecoh, halaman yang hanya berputar-putar di halaman yang sama, navigasi situs yang rumit. 

Pastikan agar pengunjung tidak merasa kapok untuk datang kembali pada kemudian hari.  Selain itu, penggunaan keyword juga diharapkan tidak berlebihan serta diupayakan agar digunakan seperlunya. Tentu saja upaya membuat blog berkualitas memang bukan hal yang gampang. Oleh karena itu, usahakan agar membangun blog yang sesuai dengan bidang, minat dan kesenangan anda.

Demikianlah informasi mengenai Tips Membuat Blog Berkualitas di Mata Search Engine. Semoga bermanfaat :-)
Advertisement
Tips Membuat Blog Berkualitas di Mata Search Engine | Artikel Konten | 5

2 comments:

  1. Oke deh bang bro makasih infonya, klo boleh nanya klo optimasi situs portal tang topiknya lebih dari 1 gmna ya, thank's salam sukses

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya gan..
    info seputar bola, prediksi bola, INFO BOLA TERPERCAYA,
    bisa Anda dapatkan di alamat www.bola368.net

    BalasHapus