Berbagai Penyebab Batuk Kering Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Penyebab Batuk Kering
Penyebab Batuk Kering
Penyebab Batuk Kering - 2 Jenis batuk yang paling sering dialami oleh orang-orang adalah batuk kering dan batuk berdahak. Batuk merupakan indikasi adanya gangguan pada saluran pernafasan atau paru-paru. Ada banyak hal yang menyebabkan batuk, mulai dari alergi, virus, hingga penyakit paru lainnya.

Pada tulisan kali ini kita akan fokuskan membahas tentang batuk kering terlebih dahulu. Menurut informasi yang dilansir oleh Mag for Woman, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab batuk kering.  Apa saja kah itu?

Penyebab Batuk Kering dan Hal-Hal Yang Memicunya

Batuk Selama Beberapa Menit / Jam - Jika anda mengalami batuk kering secara mendadak selama beberapa menit atau jam, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh adanya alergi terhadap debu. Biasanya tenggorokan akan terasa gatal hingga mata memerah. Respon terhadap debu adalah salah satu penyebab batuk kering yang paling umum.

Batuk Selama 1-2 Minggu - Biasanya batuk kering yang disebabkan oleh alergi hanya berlangsung sesaat saja. Namun apabila kondisi batuk berlanjut hingga 2 minggu, maka hal itu dapat mengindikasikan adanya infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan juga merupakan salah satu penyebab batuk kering yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.

Alergi Terhadap Obat - Setiap obat-obatan medis memiliki efek sampingnya masing-masing. Ada beberapa obat (misalnya obat hipertensi tertentu) yang dapat memicu alergi dan menyebabkan batuk kering.

Pengaruh Asam Lambung - Penyebab batuk kering juga dapat dipicu oleh meningkatnya asam lambung akibat makanan pedas. Asam lambung mengalami refluks yang naik hingga ke saluran tenggorokan sehingga memicu batuk.

Penyakit Dalam - Penyebab batuk kering yang terakhir ini adalah yang paling berbahaya, karena dipicu oleh penyakit organ dalam seperti paru-paru, kanker, radang, hingga gagal jantung. Batuk kering yang disebabkan oleh penyakit dalam bisa diderita hingga bulanan bahkan menahun.

Bila anda mendapati diri anda mengalami batuk kering yang tidak sembuh-sembuh, nafas pendek, mengeluarkan bunyi saat bernafas, sakit pada area dada, maka disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab Batuk Kering Yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:

Advertisement
Berbagai Penyebab Batuk Kering Yang Perlu Diketahui | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar