Alasan Misterius Dihapusnya Flappy Bird dari Android, iOS

Advertisement
Alasan Misterius Dihapusnya Flappy Bird dari Android, iOS - Bisa dibilang popularitas game Flappy Bird seperti angin yang cepat berlalu. Game sederhana buatan Nguyen Ha Dong ini mampu meroket dengan cepat hingga menembus peringkat pertama tanggal game Android dan iOS dalam waktu satu bulan sekaligus mengalahkan game-game terkenal lainnya seperti Angry Birds atau Candy Crush Saga. Melejitnya game Flappy Bird pun menyebabkan pembuatnya kaya mendadak dengan penghasilannya yang disebut-sebut mencapai 600 juta per-hari dari bisnis iklan yang disematkan dalam game tersebut. Namun, bagi mereka yang belum sempat mencicipi Flappy Bird, nampaknya harus mengucapkan selamat tinggal lebih awal terhadap game ini. Pasalnya game yang kerap disebut sebagai game tersulit itu sudah resmi dihapus oleh pembuatnya Nguyen Ha Dong dengan alasan tidak kuat menerima tekanan. 

Game ini sudah resmi dihapus pada tanggal 9 Februari 2014 kemarin, dan posisi game tersebut sudah tidak bisa  ditemui lagi di server Google Play maupun App Store. Untuk Windows Phone sendiri keberadaan game ini hanya bertahan satu hari saja sebelum akhirnya dihanguskan oleh si pembuatnya sendiri. Padahal beberapa waktu yang lalu memang sempat beredar kabar jika Nguyen akan meluncurkan update versi kedua dari game ini. Namun pada kenyataanya Nguyen memilih untuk menarik game ini dari peredaran. Benarkah hanya karena alasan tak kuat menerima tekanan?

Game Flappy Bird di Hapus dan Alasan Dibalik Penghapusan 

Game Flappy Bird di Hapus
Game Flappy Bird di Hapus
Kesuksesan Flappy Bird memang diakui oleh pembuatnya (melalui akun Twitter miliknya) telah membuat hidupnya menjadi tidak tenang. Belakangan kembali muncul tuntutan lain yang menyebutkan adanya pihak yang mengklaim adanya pelanggaran hak cipta dari game tersebut. Kemungkinan ada beberapa pihak yang memanfaatkan ketenaran game ini untuk mengeruk keuntungan dari pengembang 'polos' ini. Berita terbaru juga menyebutkan adanya ancaman pembunuhan yang diterima oleh Nguyen Ha Dong. 

Menanggapi adanya pelanggaran hak cipta dari game ini, Nguyen sendiri membantahnya. Menurutnya alasan penarikan game lebih disebabkan oleh tekanan tinggi yang tak mampu ditahannya lagi setelah popularitas Flappy Bird meroket secara mendadak. Menurut situs game Kotaku, ada dugaan Nguyen medapat klaim dari perusahaan raksasa Nintendo karena dianggap telah mengambil desain latar dan warna yang digunakan dalam Mario Bros (8-bit), si game legendaris milik Nintendo. Sayangnye tidak ada detil merinci terkait dengan hal ini. Nguyen dalam twitter nya hanya menyebutkan akan menghanguskan game ini dari peredaran, namun ia masih akan tetap membuat game lainnya. 

Nguyen sendiri pernah mengakui kalau dirinya sama sekali tidak menyangka atau mengharapkan game buatannya akan sesukses ini. Selain dibuat dengan 'ala kadar'nya, pengembangan game ini juga tidak mempunyai sumber daya seperti halnya pengembang besar lainnya seperti Glu, GameLoft, apalagi EA. Menurutnya, ketenaran Flappy Bird terlalu dilebih-lebihkan oleh pers yang membuat hidupnya menjadi tidak tenang sehingga membuatnya memilih untuk meniadakan game tersebut. 

Hal yang cukup mengherankan adalah, mengapa Nguyen menghapus game tersebut? Selain menghasilkan pemasukan yang sangat besar, game ini juga sempat ditawar oleh pihak developer besar yang ingin membeli hak paten game ini, tapi ditolak oleh Nguyen dengan alasan dirinya tidak menjual game ini. 

Demikianlah informasi mengenai Alasan Misterius Dihapusnya Flappy Bird dari Android, iOS. Semoga bermanfaat :-)

artikel dinda dimas lainnya mengenai:


Advertisement
Alasan Misterius Dihapusnya Flappy Bird dari Android, iOS | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar