Virus Android: Tips Melindungi Smartphone dari Virus

Advertisement
Virus Android: Tips Melindungi Smartphone dari Virus - Keberadaan virus digital atau virus komputer sudah dikenal sejak tahun 1986.Tak hanya komputer dan laptop saja yang rawan terserang virus, ternyata sebuah ponsel smartphone Android juga cukup rawan terserang virus atau malware. Kita sebut saja dengan virus Android. Virus Android sebagian besar menyerang perangkat melalui internet, sambungan perangkat ke komputer yang sudah terkena virus, dan aplikasi malware yang didownload.  Memang, sangat sulit sekali mendeteksi keberadaan virus di Android karena virus tersebut tak dapat terlacak oleh pengguna.

Tips Melindungi Smartphone dari Virus Android

virus android
virus android
Nah pada tips berikut akan menjelaskan 5 cara untuk mengatasi virus Android agar smartphone anda senantiasa beroperasi secara normal.

Awas Aplikasi Jebakan! - Google Play dan Apple AppStore adalah tempat terpercaya untuk mengunduh sekaligus menginstal aplikasi Android / iOS. Memang banyak sekali website selain kedua sumber tersebut yang menyediakan link untuk mendownload aplikasi Android berbayar menjadi gratis. Hal tersebut cukup beresiko, karena terkadang aplikasi premium tersebut justru sudah disisipi oleh virus android yang membahayakan.

Lihat Nama Pembuatnya - Bukan hanya website pihak ketiga saja yang menyediakan aplikasi Android, bahkan website penyedia seperti Google Play Store pun masih bisa disusupi oleh beragam software aplikasi yang mengandung virus android. KIta tentu ingat bagaimana saat aplikasi BBM Android akan rilis. Begitu banyak aplikasi BBM 'palsu' yang sudah bisa diunduh lebih awal. Untuk meminimalisir resiko terkenanya virus android karena salah mengunduh aplikasi, ada baiknya  agar mengecek ulang antara nama aplikasi dengan nama pengembang apakah sudah cocok atau tidak. Kemudian bisa juga dipertimbangkan dari jumlah testimoni dan LIKE pada aplikasi tersebut. Jika bernada negatif, lebih baik dihindari saja.

Tingkatkan Fitur Keamanan Smartphone - Sejak diluncurkannya OS Android 2.2, Google telah menyempurnakan keamanan dengan memverifikasi setiap aplikasi. Untuk mengaktifkan fitur keamanan ini bisa melalui: Setting > Security. Lalu beri tanda centang pada Verify Apps untuk mengaktifkan pemberitahuan apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Hal ini memang tidak menjamin sepenuhnya perangkat terbebas dari virus android, tapi cukup berguna untuk meminimalisirnya.

Update Software - Setiap pengembang aplikasi dan OS umumnya sering mengeluarkan versi update software secara berkala. Untuk menghindarkan smartphone dari serangan virus android, disarankan agar sering-sering mengupdate software setiap kali versi update dirilis.

Aplikasi Antivirus Android - Aplikasi ini cukup membantu , meskipun cukup boros space memory untuk penginstalan maupun RAM. Namun aplikasi antivirus android sangat membantu melindungi virus android yang masuk tanpa disadari. Saat ini sudah beredar banyak sekali antivirus android, seperti Kaspersky, Norton, Avira, dll.

Demikianlah informasi mengenai Virus Android: Tips Melindungi Smartphone dari Virus. Semoga bermanfaat :-)

artikel dinda dimas lainnya mengenai: 
Advertisement
Virus Android: Tips Melindungi Smartphone dari Virus | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar