Khor al-Udeid: Objek Wisata Offroad di Gurun Pasir

Advertisement

Berwisata ke Timur Tengah terasa kurang rasanya bila tidak menjejak gurun pasir. Bak lautan berwarna keemasan, pasir membentang sejauh mata memandang. Panas luar biasa menyengat, kering dan tandus tanpa pepohonan dan air, namun ada sensasi dibaliknya. Sebagian negara di kawasan ini pun berlomba menjual gurun sebagai daya tarik wisata, seperti yang dilakukan Qatar. Negara seluas 11.437 km² atau sepertiga dari luas Jawa Barat tersebut memiliki tempat wisata Gurun Khor al-Udeid untuk dijelajahi. Gurun Khor al-Udeid merupakan salah satu objek wisata terkenal di negara kaya tersebut. Letaknya ada disekitar 78 km tenggara Doha, ibu kota Qatar dan bisa ditempuh sekitar 80 menit melalui perjalanan darat.

Gurun Khor al-Udeid yang juga dikenal dengan nama "inland sea" ini terkenal dengan objek wisata 'off-road' nya. Pendatang yang berkunjug ke gurun ini bebas mengemudikan mobilnya sesuka hati serta tanpa arah di tengah hamparan luas gurun pasir yang bergelombang, berbukit curam, maupun rata, yang bervariasi rutenya. Ingin menginjak pedal gas sedalam mungkin atau merasakan sensasi kecepatan ala balap mobil? Ditempat ini anda bisa melakukannya sesuka hati tanpa harus takut terjadi kecelakaan apalagi kena tilang. :-)

Hamparan gurun pasir yang sangat luas ini bersisian dengan Teluk Persia. Anda bisa melihat batasan berwarna biru keemasan di kejauan dari gurun ini yang bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan mobil anda -sembari ber'offroad' ria- menelusuri padang gurun bergelombang yang mengasikkan. Setibanya di tepi pantai, banyak sekali turis lokal maupun asing yang bersantai ria di pantai, bermain air, berenang, dsb. Kumpulan tenda Bedonin dengan dialasi permadani khas Timur Tengah menambah daya tarik pantai Teluk Persia ini. Bagi yang sudah cukup lelah menempuh perjalanan, aneka hidangan khas Arab pun sudah tersaji. Kebanyakan menu makanan disana memang berjenis daging, seperti barbeque, roti naan bakar, dsb. Dengan menyantap makanan dengan ditutup oleh minuman dingin rasanya sangat nikmat sekali, apalagi ditengah suhu panas gurun pasir dan pantai. :D

Objek Wisata Gurun Khor al-Udeid ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama dari Inggris, Korea, Jepang, China, Jerman, Brasil, dan Prancis. Untuk biaya masuk Khor al-Udeid sendiri lumayan mahal, seharga 300  riyal atau setara Rp. 960 ribu rupiah. Dengan tambahan 450 riyal, anda akan mendapatkan tambahan menu makanan gratis selama berwisata. Namun harga tersebut terbayarkan dengan sensasi yang dirasakan selama berkunjung ke gurun tersebut. Seperti pepatah yang mengatakan, mengunjungi Timur Tengah tanpa mencicipi aroma gurun pasir rasanya belum lengkap.

Pesona Wisata Gurun Khor al-Udeid

Objek Wisata Khor al-Udeid

Demikianlah informasi mengenai Khor al-Udeid: Objek Wisata Offroad di Gurun Pasir. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:
Advertisement
Khor al-Udeid: Objek Wisata Offroad di Gurun Pasir | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar