Pengertian Makanan Organik & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Advertisement
Makanan Organik
makanan organik

Gaya hidup dan sikap "go green" tentunya bukan hanya tentang menghemat energi dengan menggunakan listrik seperlunya, mengurangi pemakaian plastik, dan membuang sampah pada tempatnya. Green living juga meliputi pilihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Lebih lengkap rasanya jika kita juga mengkonsumsi makanan organik. Pengertian makanan organik adalah makanan yang dihasilkan dari pertanian organik, sebuah metode produksi berdasarkan prinsip-prinsip yang dimaksudkan untuk melindungi lingkungan, mempertahankan keanekaragaman hayati, serta menghormati siklus alam. 


Makanan organik harus dipelihara atau berasal dari tanah yang aman, tidak dimodifikasi secara genetis dan harus selalu terpisah dari produk konvensional. Petani tidak diperbolehkan menggunakan pestisida sintetis, organisme hasil rekayasa genetika (GMO) dan pupuk buatan.Sementara ternak organik harus memiliki akses ke luar ruangan dan diberi pakan organik. Mereka tidak boleh diberi antibiotik, hormon pertumbuhan, atau produk sampingan hewani.

Agar suatu makanan organik dapat dilabeli dengan jenis organik, produk tersebut harus mengandung paling sedikit 95% bahan organik bersertifikasi. 

Manfaat Makanan Organik Bagi Kesehatan

Berikut adalah bermacam manfaat makanan organik bagi kesehatan dan tubuh:

Lebih bergizi - Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayuran organik seperti: beras, tomat, bawang, kubis, dan selada organik mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin, magnesium, fosfor, zinc, dan besi. Susu organik mengandung lebih banyak vitamin E.

Lebih Sehat - Makanan organik tidak dibentuk menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia serta bahan kimia lain sehingga tidak merugikan tubuh manusia. Susu organik memiliki 50-80% lebih banyak antioksidan yang mengurangi resiko tumor.

Kelestarian Lingkungan - Makanan organik menjaga lingkungan dari polusi tanah, air, dan udara sehingga menciptakan dunia yang aman bagi kehidupan generasi mendatang.

Kesejahteraan Hewan - Kesejahteraan hewan merupakan aspek penting dalam produksi susu, daging, ayam, dan ikan organik. Orang merasa senang mengkonsumsi produk dari hewan yang tidak terkungkung sengsara dalam sangkar.

Belum lama ini, para peneliti dari Newcastle University, UK, menemukan bahwa makanan organik dapat membantu memperpanjang rentang waktu hidup antara 25 hari untuk pria dan 17 hari untuk wanita. Menurut penelitian tersebut, mengubah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan organik juga akan membuat anda lebihs ehat dan lebih ramping.

Makanan organik membuat tubuh dan tampilan anda jadi sama-sama segar. Sementara lingkungan tetap terjaga. Sebuah perbuatan yang mulia sekaligus menyehatkan tubuh kita sendiri.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Makanan Organik & Manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:
Advertisement
Pengertian Makanan Organik & Manfaatnya Bagi Kesehatan | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar