Beberapa Kepercayaan Yang Salah Tentang Penyakit Asam Urat

Advertisement
penyakit asam urat
penyakit asam urat
Penyakit asam urat (uric acid / arthritis gout) adalah penyakit yang menyerang sendi, seperti jari tangan, kaki, pinggang, dan siku-siku bagian tubuh lainnya. Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri berkepanjangan pada bagian tersebut yang disebabkan oleh menumpuknya kapur / kristal pada sendi akibat metabolisme yang tidak sempurna.

Terdapat banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan seputar penyakit asam urat ini, baik media cetak maupun internet. Namun teryata tak sedikit yang menyediakan informasi yang sebenarnya hanya dianggap mitos belaka. Apa saja kah itu?

Penyakit Asam Urat & Mitos / Kepercayaan Yang Salah

Penyakit asam urat tidak menyerang wanita - Penyakit asam urat memang lebih sering menyerang pria, namun bukan berarti penyakit ini tidak menyerang wanita. Penyakit ini memang lebih sering menyerang wanita yang berusia diatas 40 tahun.

Adapun penyebab jarangnya wanita muda yang mengidap asam urat diperkirakan oleh faktor hormon esterogen pada wanita yang mengontrol keseimbangan asam urat pada level normal. Sedangkan setelah melewati periode menopause, resiko wanita terserang penyakit asam urat menjadi sama besarnya dengan pria.

Penyakit Asam Urat diakibatkan kelebihan makanan - Faktor makanan memang merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit asam urat, terutama makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Namun pada kenyataannya, sebagian orang tetap terserang asam urat meskipun telah menjaga pola makan dan hidup sehat. Untuk kasus kedua ini dapat disimpulkan bahwa penyakit asam urat juga dapat dipicu oleh faktor genetika atau bawaan lahir.

Sedangkan penderita yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, dan psoriasis kulit juga memiliki resiko lebih besar terserang asam urat.

Penyakit asam urat bukan penyakit berbahaya - Banyak orang yang menganggap bahwa penyakit asam urat adalah penyakit nyeri biasa. Namun penyakit ini dapat berujung ke kondisi yang lebih serius dari waktu ke waktu. Penumpukan sel kapur pada sendi yang semakin menebal dapat merusak sel-sel hingga menyebabkan kerusakan permanen.

Selain itu, kadar asam urat akut dapat merusak ginjal yang secara langsung akan berpengaruh terhadap organ dalam tubuh lainnya.

Penyakit Asam Urat terkadang bisa sembuh sendiri - Penyakit asam urat memang terkadang bisa muncul dan hilang dengan sendirinya, sehingga banyak orang yang mengabaikan nyeri yang muncul. Namun, umumnya penyakit asam urat yang muncul dan hilang dengan sendiri justru merupakan peringatan dini bagi penderita asam urat agar segera menangani asam uratnya sebelum gejala semakin parah. Oleh karena itu, pengobatan asam urat sejak dini sangat diperlukan dan tidak bisa diabaikan.

Penyaki Asam Urat sulit disembuhkan - Pengobatan asam urat memang terkadang memerlukan perawatan dan pengobatan menahun dengan meminum obat, menjalani pola makan dan hidup sehat, rajin berolahraga. Namun bukan berarti penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan. Tingkat kesembuhan penyakit asam urat lebih ditentukan oleh pola hidup dan disiplin dari penderita itu sendiri.

Untuk informasi lainnya seputar penyakit ini dapat mengunjungi blog penyakit asam urat.

Demikianlah informasi mengenai  Beberapa Kepercayaan Yang Salah Tentang Penyakit Asam Urat. Semoga bermanfaat :-)

Artikel cara dan tips lainnya mengenai:


Advertisement
Beberapa Kepercayaan Yang Salah Tentang Penyakit Asam Urat | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar