Artikel Motivasi: Nilai kehidupan

Advertisement
Artikel ini dikutip dari buku A Cup of Success karya Yohanes Baptista, bab 17

Ketika masih kelas satu SD, saya pernah diajak ayah saya untuk menghadiri upacara pemakanan seorang tokoh yang sangat berpengaruh di desakami semasa hidupnya. Saat berada di rumah duka, saya heran melihat ayah ikut menitikkan air mata. Saya pun bertanya dalam hati mengapa ayah saya harus ikut menangis. Namun, saya tidak berani menanyakan pertanyaan itu secara langsung kepada ayah saat berada di rumah duka karena takut beliau marah. Saya menunggu hingga kembali di rumah untuk menanyakan pertanyaan tersebut.

Setelah acara pemakanan selesai dan kami kembali ke rumah, saya pun mulai mengajukan pertanyaan dengan penuh rasa heran. "Mengapa tadi Ayah menangis saat di rumah duka?"


"Nak, orang yang baru saja kita makamkan tadi adalah orang yang sangat baik. Selama hidupnya, ia sangat berjasa bagi desa kita. Ia jugalah orang yang paling berperan penting dalam pembangunan sekolah yang saat ini kalian gunakan untuk belajar, terlebih karena sekolah itu merupakan satu-satunya sekolah yang ada di desa kita. Jadi tidak ada beliau, sekolah itu mungkin tidak akan ada. Itulah sebabnya rang di desa kita sangat berutang budi padanya. Itulah alasan Ayah menangis tadi." jelas Ayah.

Artikel Motivasi: Renungan tentang Nilai kehidupan

Suatu kehidupan dinilai dari bagaimana seseorang memaknai kehidupan ini sendiri. Nilai kehidupan dilihat dari apa yang telah dihasilkan dari kehidupan, bukan dari lamanya menjalani hidup. Hidup menjadi bermakna jika dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.

Oleh karena itu temukan sesuatu dalam hidup kita, kemudian lakukan dengna sebaik mungkin agar dapat bernilai bagi kehidupan kita maupun sesama. Kehidupan kita selama di dunia tidak akan pernah berarti bila kita hanya berdiam diri saat kehidupan masih berlangsung. Kita harus bangkit dan melakukan sesuatu pada hari ini agar kehidupan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada kita tidak sia-sia.

"Dan pada akhirnya, bukan berupa tahun dalam kehidupan anda yang dilihat, melainkan kehidupan dalam tahun-tahun anda" ~Abraham Lincoln
Demikianlah  Artikel Motivasi: Nilai kehidupan. Semoga bermanfaat :-)

Artikel motivasi dan kata-kata lainnya mengenai:
Advertisement
Artikel Motivasi: Nilai kehidupan | Unknown | 5

0 comments:

Posting Komentar