Mengatasi Anemia Dengan Mencukupi Asupan Zat Besi

Advertisement
Mengatasi Anemia
Mengatasi Anemia
Mengatasi Anemia - Gejala anemia sering terabaikan. Suplementasi zat besi, vitamin C, vitamin B12 dan asam folat dibutuhkan untuk mengatasi anemia.

Sering mengantuk di siang hari, padahal cukup tidur di malam hari? Bisa jadi, anda mengalami kelelahan (fatigue) kronis tanpa disadari. Coba perhatikan, apakah nafas pendek-pendek, jantung berdebar (berdetak lebih cepat) dan kelopak mata bagian bawah nampak pucat?

Penyebab Anemia dan Tips Mengatasi Anemia

Itu gejala anemia. Laki-laki disebut anemia bila kadar hmoglobin (hb)-nya <13. Untuk perempuan <12 dan ibu hamil <11. Untuk mengatasi anemia memang perlu mengetahui dulu kadar Hb dari penderita anemia. Hb adalah protein pada sel darah merah yang mengandung zat besi dan bertugas membawa oksigen ke seluruh sel tubuh.

Kadar Hb rendah membuat jantung mengompensasi dengan memompa darah lebih cepat agar lebih banyak sel darah yang dialirkan. Kadar Hb rendah juga membuat tubuh cepat lelah dan menuntut lebih banyak istirahat. Mengatasi anemia memang penting, karena kondisi anemia dapat menyebabkan kita mengantuk di siang hari dan banyak menguap, untuk mengambil oksigen lebih banyak.

Anemia juga menurunkan daya tahan tubuh, sehingga kita mudah sakit. Perempuan dewasa lebih rentan anemia karena mengalami menstruasi tiap bulan, dan umumnya pilih-pilih makanan karena takut gemuk. Kekurangan / defisiensi zat besi merupakan penyebab anemia yang utama. Untuk mengatasi anemia, kebutuhan zat besi diperlukan untuk memproduksi sel darah merah dan Hb di sumsum tulang.

Orang yang sibuk bekerja, umumnya kurang memperhatikan asupan nutrisi sehingga kurang zat besi. Daya tahan tubuh pun bisa terganggu hingga mudah sakit. Dianjurkan mengkonsumsi zat besi bersamaan dengan sumber vitamin C untuk meningkatkan penyerapannya. Hal tersebut sangat membantu untuk mengatasi anemia. Dengan demikian, produktivitas dan performa kerja tetap optimal.

Defisiensi vitamin B12 dan asam folat, juga bisa menjadi penyebab anemia. Kedua vitamin ini dibutuhkan dalam produksi sel darah merah, selain zat besi. Defisiensi vitamin B12 umumnya terjadi pada lansia atau mereka yang menjalani diet vegan ketat, karena vitamin B12 hanya terdapat pada produk hewani (daging, telur, susu).

Untuk mengatasi anemia juga perlu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika anda menunjukkan  gejala anemia. Akan dilakukan pemeriksaan darah untuk menilai kadar Hb. Bila hasil pemeriksaan positif anemia akibat defisiensi besi, dokter akan memberi suplemen zat besi dan anjuran untuk memperbaiki asupan nutrisi. Suplemen bisa dibeli bebas tanpa resep dokter, namun kualitas dan cara pemakaiannya perlu diperhatikan.

Untuk mengatasi anemia memang memerlukan asupan zat besi, namun perlu diperhatikan juga dengan asupan zat besi yang terlalu tinggi juga dapat merusak organ. Oleh karena itu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi suplemen zat besi tertentu.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab Anemia dan Mengatasi Anemia. Semoga bermanfaat :-)

Artikel tips dan cara sebelumnya:
Advertisement
Mengatasi Anemia Dengan Mencukupi Asupan Zat Besi | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar