Lagu Indonesia Raya & Sejarahnya

Advertisement
Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Indonesia, dinyanyikan setiap hari kemerdekaan, pesta olahraga, bahkan upacara bendera. Bagaimanakah sejarah penciptaan dan juga sejarahnya? 

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman). Diskusi mengenai penciptaan lagu ini bermula ada pertemuan pada tanggal 28 Oktober 1917 di gedung Jl. Kramat Raya 106 di Jakarta, atau yang pada masa itu masih bernama Batavia.

Lagu Indonesia Raya & Sejarahnya 

W.R. Supratman menyodorkan lirik lagu yang ditulisnya kepada peserta diskusi dan kemudian mendemokan lagu tersebut dengan diiringi oleh grup paduan suara dengan iringan biola yang dimainkan oleh Supratman sendiri pada penutupan Kongres Pemoeda pada bulan Desember 1928 dan nampaknya memang tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat lagu yang berjudul Indonesia Raja (ejaan asli) tersebut dikenal, terutama karena salah satu bagian liriknya yang berbunyi "jadi pandu ibuku".

Lagu Indonesia Raya
Pada masa itu Wage Rudolf Supratman memang telah tenar sebelumnya sebagai seorang komponis dan pencipta lagu, selain juga bekerja sebagai penulis dan jurnalis. Ide menciptakan lagu Indonesia Raya berawal dari berkecimpungnya dirinya di dunia politik dan kesenian.

Adapun lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R Supratman disebutkan merupakan gubahan atau mengambil ide dari lagu bahasa Perancis berjudul La Marseille yang diciptakan oleh Runget de L'isle pada tahun 1922.

Sejarah Lagu Indonesia Raya di tanah air sempat mengemparkan, bahkan Belanda sempat melarang lagu ini dinyanyikan karena liriknya dipertimbangkan mengandung makna pemberontakan terhadap koloni saat itu, misalnya dengan kata 'merdeka, merdeka!' 

W.R Supratman sempat ditangkap oleh Belanda dan diinterogasi terkait dengan lirik-lirik yang dipergunakan olehnya tersebut. Dan ia menjawab bahwa bagian dari kata 'merdeka, merdeka!' pada mulanya menggunakan kata 'moelia, moelia!' (artinya mulia, mulia), namun digubah oleh gerakan pemuda pada masa itu yang memberontak terhadap penjajah.

Akhirnya, Belanda memutuskan untuk menghapus kata-lata 'merdeka, merdeka!' tersebut, sementara lagu Indonesia Raya tetap boleh dinyanyikan namun tidak didepan umum dan keramaian! 

W.R Supratman dianggap sebagai sosok yang mengekspresikan kondisi bangsa ke dalam lagu. Sudah banyak lagu ciptaannya yang bertema perjuangan, nasionalisme dan kepahlawanan, seperti: Ibu Kita Kartini, Dari Barat Sampai ke Timur, Bendera Kita, dan banyak lagi.

Hal tersebut nampaknya membuat orang Belanda gerah dan akhirnya menangkap W.R Supratman setelah lagunya yang berjudul Matahari Terbit diciptakan. Orang Belanda menganggap bahwa lirik dalam lagu tersebut menjunjung Kekaisaran Jepang yang juga menduduki Indonesia pada tahun 1942.

Lagu Indonesia Raya ini sempat diperdengarkan di stasiun radio Jepang, walaupun akhirnya tetap dilarang untuk dinyanyikan secara umum. Selepas kekuasaan Jepang mulai goyah, Jepang mendirikan Panitia Lagu Kebangsaan pada tahun 1944. Isi lirik asli dari lagu Indonesia Raya pun diubah, dikurangi, dan dipersingkat. 

Beberapa perubahan drastis pada lirik lagu terdapat pada bagian berikut:

(lirik asli, tahun 1928) Indones’, Indones’ Moelia, Moelia Tanahkoe, negrikoe yang Koetjinta Indones’, Indones’ Moelia Moelia, Hidoeplah Indonesia Raja, 

(lirik baru, tahun 1944)  “Indonesia Raya, Merdeka Merdeka, Tanahku, Negriku yang Kucinta, Indonesia Raya, Merdeka Merdeka, Hiduplah Indonesia Raya” 
Wage Rudolf Supratman meninggal pada tahun 17 Agustus 1938. Peraturan Pemerintah mengenai lagu Indonesia Raya baru ditulis dan ditetapkan pada tahun 1958 yang dijelaskan dalam 6 Bab. Isi dari ketetapan tersebut meliputi keseragaman, irama, kata serta gubahan lagu resmi yang akan digunakan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Tentu saja, lirik lagu Indonesia Raya yang kerap dinyanyikan saat ini merupakan lirik lagu ejaan baru yang telah di rubah liriknya. Bagi anda yang merasa penasaran dengan bagaimana lirik lagu asli dari Indonesia Raya ini dapat melihatnya di: http://www.youtube.com/watch?v=CXAhT_E5vxA

Demikianlah informasi mengenai  Lagu Indonesia Raya & Sejarahnya. Semoga bermanfaat :-)

artikel lainnya mengenai:
Advertisement
Lagu Indonesia Raya & Sejarahnya | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar