Prelude: Kapal Termegah & Terbesar di Dunia Milik Shell

Advertisement
Kapal Terbesar di Dunia - Bagi penggemar film Hollywood tentunya sudah mengenal kapal Titanic yang pernah dikenal sebagai kapal termegah dan terbesar yang pernah ada. Hingga saat ini, barangkali ada sebagian orang yang masih menganggap kapal legendaris tersebut sebagai kapal terbesar yang pernah berlayar. Namun, pada kenyataannya, lebih dari seratus tahun berlalu setelah tenggelamnya kapal Titanic, telah banyak sekali kapal yang ukurannya jauh melampaui Titanic. Sebut saja: Queen Mary 2, Oasis of the Seas, dan belasan kapal lainnya.

Bicara soal ukuran dan kemegahan, nampaknya untuk saat ini tak ada yang bisa menandingi Kapal Prelude. Kapal yang dibuat oleh perusahaan raksasa Shell tersebut tercatat sebagai kapal terpanjang dan terbesar di dunia. Kendati baru akan berlayar pada tahun 2017 mendatang dengan target pertama negara Australia Barat, berdasarkan spesifikasi dan dimensi, menjadikan kapal Prelude memiliki ukuran nyaris 5x panjang lapangan sepakbola, yaitu 488 meter atau 3,5x lebih tinggi dari monumen Monas di Jakarta! 

Prelude: si Kapal Terbesar di Dunia Saat ini! 

prelude kapal terbesar di dunia
Prelude: Kapal terbesar di dunia
Selain itu, kapal yang memiliki ketinggian 74 meter ini memiliki bobot berat lebih dari 600 ribu ton yang dilengkapi dengan 3 mesin yang mampu memacu kecepatan hingga 20.100 tenaga kuda. Tujuan dibuatnya kapal Prelude ini rencananya akan digunakan sebagai tempat untuk mengolah gas alam cair. Segala pemrosesan gas alam cair mulai dari bahan mentah hingga jadi akan diolah didalam kapal. Ditargetkan, kapal ini akan dapat menghasilkan gas alam cair hingga 3,9 juta ton / tahun.

Meskipun kapal besar ini mampu berlayar jauh, namun pada nantinya akan lebih banyak digunakan diam ditempat saja. Menurut wacana, Prelude akan ditempatkan di Australia Barat selama 25 tahun. Kapal raksasa ini juga diciptakan dengan teknologi canggih, diantaranya: menara setinggi patung liberty yang sangat kokoh sebagai penyeimbang kapal yang dirancang agar kapal dapat bertahan dibawah amukan badan ombak level 5 sekalipun. Selain itu juga menggunakan teknologi mooring yang dapat menyerap angin dan banyak lagi peralatan teknologi cuaca lainnya.

Berapakah biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan kapal maha besar ini? Menurut informasi yang dilansir oleh Reuters, perusahaan Shell harus merogoh kocek hingga US$ 10,8 miliar dan US$ 12,6 miliar untuk menciptakan kapal terbesar ini.

Demikianlah informasi mengenai Prelude: Kapal Termegah & Terbesar di Dunia Milik Shell. Semoga bermanfaat :-)

Artikel dinda-dimas lainnya mengenai:




Advertisement
Prelude: Kapal Termegah & Terbesar di Dunia Milik Shell | sapi ontel | 5

0 comments:

Posting Komentar