Tips Mencegah Kecelakaan Kendaraan Bermotor

Advertisement
Menghindari Kecelakaan Bermotor
Menghindari Kecelakaan Bermotor
Padatnya lalu lintas di Indonesia, atau Jakarta khususnya memicu tingginya angka kecelakaan lalu lintas pula. Kecelakaan lalu lintas memang tak tak bisa dihindari. Umumnya dipicu oleh kesalahan pengendara, maupun kesalahan dari pengguna jalan.

Tingkat kecelakaan kendaraan bermotor memang lebih tinggi dan beresiko dibandingkan kendaraan roda empat..Untuk mencegah kecelakaan kendaraan bermotor memang harus dimulai dari pengetahuan tentang peraturan lalu lintas, faktor berikutnya adalah dari dalam diri sendiri, yaitu perilaku dalam berkendara.

Tips Mencegah Kecelakaan Bermotor Yang Perlu Anda Ketahui

Pelajari & Taati Peraturan
Di jalan raya terdapat banyak sekali peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, seperti laju jalur aman, batas kecepatan, simbol rambu-rambu, dan banyak lagi. Mempelajari peraturan dan rambu-rambu lalu lintas sangatlah penting untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor.

Periksa Kondisi Kendaraan Bermotor
Bila anda adalah pengendara motor aktif yang berkendara setiap hari, maka sangat disarankan agar mengecek kondisi kendaraan bermotor secara rutin, seperti kampas rem/kopling, minyak rem, rantai motor, lampu depan/belakang, lampu sein, klakson, dsb. Upaya mencegah kecelakaan kendaraan bermotor dapat dimulai dari upaya menjaga kondisi kendaraan motor yang dipergunakan.

Hindari Kebut-Kebutan
Kebut-kebutan adalah salah satu faktor tertinggi penyebab kecelakaan. Tidak jarang, kecelakaan bermotor menyebabkan seseorang luka parah hingga kehilangan nyawa. Mengendarai motor dengan kecepatan yang melampaui batas bukan saja membahayakan diri anda, tetapi juga orang lain. Dengan laju kendaraan yang cukup tinggi akan sulit bagi anda untuk: menghindari lubang jalan yang tak terduga, menghindari kendaraan maupun pejalan kaki yang muncul tiba-tiba, maupun menghindari resiko tak terduga lainnya. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan normal merupakan tips penting untuk mencegah kecelakaan bermotor.

Jangan Ngelamun
Salah satu faktor kecelakaan yang terjadi pada umumnya, seperti istilahnya adalah: 'kalau tidak ditabrak, yah, ditabrak!' Hal itu memang kenyataan. Namun, adanya penyebab yang memicu kecelakaan biasanya adalah faktor keteledoran, seperti ngelamun pada saat berkendara. Fokus dan berkonsentrasi adalah salah satu tips mencegah kecelakaan bermotor yang sangat penting.

Faktor Internal
Faktor terakhir, atau faktor internal berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Waspadalah saat berkendara dalam kondisi suasana hati yang jelek, seperti emosi, marah-marah, egois, menghayal, dsb. Untuk poin yang terakhir, hindari khayalan-khayalan yang berbau porno saat berkendara. hehe..

Demikianlah informasi dan tips mencegah kecelakaan kendaraan bermotor yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Tips Mencegah Kecelakaan Kendaraan Bermotor | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar