Efek Ponsel Bagi Kesehatan dan Mental Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Efek Ponsel
Efek Ponsel
Tidak bisa dipungkiri, efek ponsel sejak pertama diciptakan hingga hari ini telah memberi pengaruh yang sangat besar, baik dari kemajuan teknologi, sisi kepraktisan dan efisiensi. Ponsel merupakan salah satu media telekomunikasi terpenting abad ini. 

Dibalik pentingnya penggunaan ponsel yang semakin tak terpisahkan, efek ponsel ternyata juga (disebutkan) membawa pengaruh terhadap kesehatan maupun psikis. Terlebih dengan semakin canggihnya fitur ponsel yang memungkinkan kegunaan ponsel tidak hanya sekedar sebagai media komunikasi saja, tetapi juga merambah ke dunia hiburan.

Efek Ponsel Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, efek ponsel bagi fisik juga disebutkan sebagai salah satu sebab yang memicu timbulnya jerawat. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai analisa ini dapat membaca artikel Penyebab Jerawat oleh Ponsel? Inilah Alasannya

Selain jerawat, radiasi oleh ponsel juga disebutkan tidak baik untuk otak dan jantung. Terutama jika diletakkan berdekatan dengan kedua organ tersebut pada saat sedang beristirahat atau tidur. 

Efek ponsel bagi kesehatan psikis dapat memicu adanya ketergantungan terhadap ponsel. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin maraknya anak muda zaman sekarang yang seolah-olah tak bisa lepas dari ponsel yang sedang digenggamnya, kapan dan dimana pun juga. Tak heran, jika sekarang ini, banyak sekali orang lebih sibuk memainkan ponsel smart phone mereka di tempat-tempat umum.

 Efek ponsel lainnya terkait dengan gangguan psikis, juga dapat meyebabkan penyakit Tinnitus, yaitu penyakit yang mengganggu organ pendengaran. Sebagai akibatnya, si pecandu ponsel, bisa saja selalu mendengar suara-suara yang tak perlu, seperti lagu yang didengarkan sebelumnya, yang terus juga berputar di benak dan kepalanya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 100 sampel orang dewasa yang mengalami gejala Tinnitus kronis dengan 100 sampel lainnya yang masih sehat, didapati bahwa sebagian besar dari 100 sampel yang pertama kerap menggunakan ponsel secara intens selama kurun lebih dari 4 tahun. Disebutkan juga, bahwa efek ponsel dan  penggunaan headset stereo dengan volume yang berlebihan juga bisa memicu penyakit ini.

Gejala penyakit Tinnitus ini juga dialami oleh salah satu personil musik Cold Play yang mengaku sering merasa terganggu dengan suara berdesing di dalam kepalanya secara terus menerus, padahal bunyi tersebut tidaklah ada. Efek mengganggu tersebut bukan saja menyebabkan sakit kepala, tetapi juga berimbas pada psikis seseorang.

Penyakit Tinnitis disebabkan oleh efek ponsel yang digunakan untuk mendengarkan musik dengan intensitas bass dan volume yang tinggi. Oleh karenanya, marilah kita mengontrol kebiasaan penggunaan ponsel serta headset nya. Jangan terlalu menghabiskan seluruh waktu anda di depan ponsel, terutama pada malam hari.

Demikianlah informasi mengenai Efek Ponsel Bagi Kesehatan dan Mental Yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat :-)


Advertisement
Efek Ponsel Bagi Kesehatan dan Mental Yang Perlu Diketahui | Artikel Konten | 5

1 comments: