Tips Wisata ke Lombok - Persiapan Sebelum Liburan

Advertisement

Tips Wisata ke Lombok - Persiapan Sebelum Liburan. Geliat pariwisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat kini semakin menyaingi tetangga sebelahnya, Bali. Lombok juga bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling Populer karena memiliki banyak potensi alam yang menakjubkan mulai dari Gunung Rinjani hingga pantai-pantai eksotis yang masih "perawan" seperti Pantai Kuta, Tanjung Aan, hingga pulau-pulau kecil (gili) yang tak kalah menawan. an bukan hanya itu, Hingar-bingar Wisata dunia malam pun menjadi salah satu incaran para wisata di Lombok. Berikut Tips Wisata ke Lombok yang akancoba saya  berikan kepada kamu.

buat kamu yang ingin berlibur di Pulau Lombok, saya punya tujuh cara yang bisa dilakukan agar liburan kamu tak terlupakan. Cara ini bisa kamu lakukan buat kamu para pelancong yang terbiasa menjadi backpacker maupun yang bukan.

1. Mnyiapkan Itinerary atau Jadwal Perjalanan Wisata kamu secara Matang

Terkadang spontanitas memang membuat liburan semakin seru. Tapi, jika kamu hanya memiliki waktu terbatas untuk liburan, ada baiknya kami nyiapin semua rencana perjalanan atau itinerary secara matang. Mencar informasi sebanyak mungkin dari Internet merupakan pilihan yang bagus. Mulai dari mencari tempat menginap, alat transportasi yang biasa digunakan, hingga jarak dan waktu tempuh untuk menuju tempat-tempat wisata di Lombok. Dengan demikian, waktu Kamu tidak akan terbuang. Apalagi, kalau Kamu berlibur secara berkelompok, rencana perjalanan yang bagus dan sudah disepakati bersama sebelumnya dapat menghindari konflik yang bisa mengganggu liburan kamu.
1 lagi nih Tips dalam menyiapkan rencana perjalanan, selalu mengecek agenda festival yang ada di Lombok saat kamu disana. Untuk mengetahuinya, coba carilah agenda pariwisata Lombok di www.visitlomboksumbawa.net. Contoh, di bulan Juli 2013, Lombok memiliki agenda pariwisata yang sayang jika dilewatkan seperti Festival Senggigi di Desa Batu Layar, Kabupaten Lobar, Lombok Barat atau juga Malean Sapi (pacu sapi) di Lombok Barat.

2. Sewa Mobil untuk alat Transportasi di Lombok

Kamu bisa menggunakan angkutan umum di Lombok seperti Bemo (angkot) atau pun Cidomo (semacam dokar) untuk berwisata di Lombok. Tapi, Kalau kamu berlibur secara Grup maka biaya transportasi bisa jadi lebih murah jika kamu menyewa mobil. Untuk tarif menyewa mobil ini sendiri, di Lombok tergolong sedikit lebih mahal. Untuk jenis mobil Avanza saja tarifnya bisa mencapai Rp 300.000/8 jam include sopir. dengan Sewa Mobil di Lombok kamu bisa menjangkau wilayah yang lebih jauh daripada mengunakanh angkutan umum. Apalagi kalau Kamu menginapnya di daerah Mataram, bemo dan cidomo lebih jarang ditemui. Dua angkutan umum andalan Lombok itu lebih banyak dijumpai di luar kota Mataram.
Keuntungan lainnya jika  kamu menyewa Mobil di Lombok adalah mendapatkan bonus tour guide gratis dari sang sopir. Karna biasanya, sopir yang merupakan warga asli sana sudah hapal tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi. Dan yang pasti saat kamu menyewa mobil ,kamu sudah memiliki kesepakatan dengan sopir atau agen Sewa Mobil di Lombok tentang tarif penyewaannya untuk menghindari perdebatahn saat pembayaran.

3. Extra Uang Cash di Dompet

Tempat-tempat wisata di Lombok berbeda dengan tempat wisata di Kota Lainnya, untuk menikmati objek wisata di Lombok tidak dipungut biaya seperti di sentra gerabah Banyumulek, Desa tradisional suku Sasak, ataupun Pura Lingsar. Tapi, Waktu kamu memasuki tempat-tempat itu, biasanya ada sebuah kotak amal dan sebuah buku untuk menuliskan nilai sumbangan yang kamu Kasih. Saran dari tipswisatahemat, kamu bisa kasih sumbangan itu seikhlasnya ya antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Karna sumbangan yang kamu kasih nantinya digunakan untuk memajukan tempat-tempat wisata tersebut.
Ga cuma itu, supaya kamu memperoleh cerita dari sejarah yang lengkap seputar tempat wisata yang kamu datangin, Kamu bisa menggunakan jasa tour guide lokal asli desa tersebut. Untuk biaya jasa tour guide ini juga ga ditetapkan, semuanya seikhlas hati Anda. Maka dari itu, disarankan siapkanlah uang kecil 5.000 dan Rp 1 0.000 buat ngasih sumbangan-sumbangan itu.

4. Cobalah Berhenti di Tempat Tak Terduga, Untuk Explore Lombok

Waktu Kamu berlibur di Pulau Lombok, sebenarnya ada banyak tempat yang bisa Kamu eksplor selain tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi turis. Maka dari itu, mulailah  mengeksplor pulau ini sedari pagi misalnya mulai jam 7 pagi. Pada jam itu,  rombongan petani suku Sasak masih tampak beraktivitas menanam padi di sepanjang jalan di wilayah Sukarara maupun Batu Jayi. Sinar matahari yang mulai menyingsing juga semakin menambah kecantikan pemandangan hamparan hijau lahan pertanian itu.
Kalau Kamu seorang pecinta fotografi, jangan Kamu sia-siakan kesempatan ini untuk mengabadikan momen. Coba lah berhentilah dan mulailah mengabadikan aktivitas para petaniyang tengah menanam padi dan tengah membajak sawah, atau akvitas para tengkulak yang tengah membeli gabah dari petani. Mencoba bersosialisasi dengan penduduk setempat, berkomunikasi dan memperkenalkan diri membuat mereka pun akan mulai bercerita tentang aktivitas dan kehidupannya sebagai Petani Sasak. Atau jika kamu sedang beruntung dan mereka merasa nyaman, bisa saja ada ajakan sarapan pagi di pinggir sawah akan meluncur dari para petani ini.
Jadi jangan pernah Kamu sia-siakan waktu Kamu berdiam diri di dalam hotel, beraktivitas sedari pagi hari, bersosialisasi dengan masyarakat setempat dan berhentilah mana kala Anda melihat suatu aktivitas yang menarikuntuk di Explore .

5. Siapkan Sunblock Biar ga Gosong

Wisata andalan Pulau Lombok adalah pantai-pantainya yang sangat eksotis yang tersebar mulai dari Lombok Barat hingga Lombok Selatan. Conthnya Di Lombok Barat terdapat Pantai Senggigi dan tiga gili yang terkenal yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di Lombok Selatan terdapat Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Pantai Mawun. Di Sana Kamu bisa melakukan beragam aktivitas seperti berjemur, snorkeling, diving, hingga berselancar. Maka dari itu, sun block wajib selalu dibawa karena panasnya matahari pesisir pantai itu bisa membakar kulit Anda. Tapi perlu diingatnblock tidak membuat kulitmu tidak menghitam, melainkan hanyngi kulit dari kegosongan atau iritasi akibat Sinar UV

6. Berpakaianlah yang Sopan

Mayoritas penduduk Lombok adalah suku Sasak yang beragama Islam dan Mereka pun masih menjunjung tinggi norma agama dan sosial dalam bermasyarakatnya. Walaupun Lombok sudah menjadi lokasi tujuan turis lokal atau pun mancanegara, namun di Lombok para turis tidak bisa sembarangan dalam berpakaian. Pakaian yang terbuka hanya akan mengundang tatapan sinis penduduk lokal. Karna hal ini menujunkan bahwa Kamu tidak menghormati penduduk di sana. Aturan lain yang berlaku yakni dilarang mabuk-mabukan di tempat terbuka. Dan aturan tidak tertulis ini lebih ketat lagi terjadi saat bulan Ramadhan, ketika para umat muslim mulai berpuasa.

7. R'u Ready to The Party?!

Hiburan malam hari di Pulau Lombok terbilang minim jika dibandingkan Bali yang pariwisatanya hidup selama 24 jam. Di pusat kota Mataram sendiri, aktivitas warga mulai sepi dijam 8 Malam WITA. Namun tenang saja, apabila Kamu masih ingin menjelajah keindahan Lombok di malam hari, kamu bisa langsung meluncur ke Pantai Senggigi. Karna disana, ada belasan cafe terbuka, karaoke, hingga restoran sea food membanjir dan buka hingga dini hari.
Apabila kamu sedang menginap di Gili Trawangan, sempatkanlah merasakan keindahan malam di pulau kecil ini. Biasanya, setiap tengah malam Gili Trawangan menggelar pesta dan hiburan musik bagi para turis yang datang hingga pagi.
Advertisement
Tips Wisata ke Lombok - Persiapan Sebelum Liburan | RENTAL MOBIL BANDUNG JAYA | 5

0 comments:

Posting Komentar