Indonesia Juara AFF U19 Setelah Melalui Drama Adu Penalti

Advertisement
Indonesia Juara AFF U19 - Akhirnya Indonesia bisa mengakhiri paceklik gelar (yang terakhir diraih pada tahun 1991) dengan menjuarai AFF U19 serta mengalahkan tim tangguh Vietnam melalui drama adu penalti pada Minggu (22/9) malam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. 

Pertandingan berjalan sangat ketat. Pada babak pertama Vietnam lebih mendominasi lini tengah, sehingga Indonesia kerap kerepotan dalam menghadang serangan-serangan yang dibangun oleh kuartet Van Tanh, Nguyen Phuong Hong, Nguyen Van Toan dan Nguyen Cong Phuong.

Tercatat setidaknya ada 4 peluang berbahaya yang dihasilkan oleh Vietnam pada 45 menit babak pertama, namun penampilan gemilang kiper Ravi Murdianto. 


Pada babak kedua Indonesia mulai bisa keluar dari tekanan dengan mengimbangi lini tengah Vietnam, terutama saat memasuki menit ke-60. Keunggulan stamina yang dimiliki pemain-pemain Indonesia mampu mengambil alih permainan di lini tengah yang dikomandoi oleh Evan Dimas.

Cukup banyak peluang yang tercipta pada babak kedua ini, melalui sepakan Maldini, Evan Dimas, dan Ilham Udin Armyn. Namun semua peluang dapat dimentahkan oleh kiper Le Van Truong. Hingga peluit panjang berbunyi, skor masih tetap imbang 0-0. Memasuki babak perpanjangan waktu, Indonesia dominan mengendalikan permainan, meskipun sesekali serangan Vietnam cukup mengancam gawang Ravi seperti yang terjadi pada menit 114.

Indonesia Juara AFF U19 Setelah Melalui Drama Adu Penalti

Indonesia juara AFF U19 setelah memenangkan adu penalti 7-6. Drama adu penalti berjalan menegangkan, apalagi setelah Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu setelah penendang kedua dan ketiga, yaitu Evan Dimas dan Zulfandi gagal memasukkan bola ke gawang kiper VIetnam.

Namun ketenangan mental membuat anak-anak muda Indonesia mampu berbalik dan memenangkan drama adu penalti setelah penendang keempat Nguyen Tuan Anh dan kesembilan Vietnam tidak mampu memasukkan bola ke gawang Ravi. Indonesia memastikan juara setelah Ilham Udin Armayn selaku penendang terakhir menendang ke kiri gawang yang tak mampu dijangkau oleh Van Truong.
Indonesia Juara AFF U19
Indonesia Juara AFF U19 (Img: goal.com)

Indonesia Juara AFF U19 dan Hongkong Invitation Cup

Banyak yang menilai permainan timnas U19 ini sangatlah baik, bahkan semenjak awal turnamen dimulai, anak-anak asuhan Indra Sjafrie ini mampu menang atas Brunei 5-0, Myanmar 2-1, Thailand 3-1 dan Malaysia 1-1, meskipun sempat kalah dari Vietnam 1-2.

Tim yang dipersiapkan selama 9 bulan ini sempat menjuarai turnamen di Hongkong bertajuk Hongkong Invitation Cup pada awal 2013 lalu dengan mengalahkan Singapura 3-1 di partai puncak. 

Timnas U19 yang menggabungkan 4 pemain dari tim Deportivo SAD di Uruguai serta 'jebolan' akademi La Masia, Evan Dimas ini bahkan hanya mencatatkan 1 kekalahan dari 17 pertandingan terakhir, termasuk saat menahan imbang tim U19 Uni Emirates Arab pada Agustus 2013 lalu.

Tentu saja dengan menyabet gelar juara ini, kita harapkan agar tim ini dapat terus berkembang ke depannya. Demikianlah informasi mengenai Indonesia Juara AFF U19 2013. Salam Garuda! 

Advertisement
Indonesia Juara AFF U19 Setelah Melalui Drama Adu Penalti | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar