Tips Merawat Motor Matic Yang Penting Anda Ketahui

Advertisement
merawat motor matic
merawat motor matic
Tips Merawat Motor Matic - Banyak hal sepele yang perlu diperhatikan tetapi diabaikan begitu saja oleh para pemilik motor matic. Mereka hanya menikmati nyamannya berkendara dengan motor matic tetapi merasa enggan untuk mengetahui cara merawat motor matic. Alasannya, karena sudah ke bengkel rutin serta memakai sesuai buku petunjuk.

Merawat motor matic memang tidak selalu harus dilakukan dengan pergi ke bengkel, karena ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel yang mengharuskannya melakukan perawatan harian yang hanya dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan itu sendiri. Apa saja kah itu?

Tips Merawat Motor Matic Yang Penting Anda Ketahui

Tips Merawat Motor Matic yang paling sederhana misalnya rutin menyalakan mesin setiap pagi hari atau saat pertama menyalakan mesin (minimal 5-10 menit). Jangan lupa juga untuk menghidupkan choke. Hal ini bertujuan agar pasokan bahan bakar dan angin berimbang, mengingat pada pagi hari biasanya mesin daam keadaan dingin. Jika mesin dalam keadaan panas, cara ini tidak diperlukan.

Merawat Motor Matic tidak mengharuskan anda untuk selalu ke bengkel, karena juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan rutin sederhana, misalnya memperhatikan belt pada motor matic. Belt pada motor matic memiliki fungsi yang sama dengan rantai motor konvensional. Meskipun tidak terlihat, namun keadaan belt ini bisa dirasakan. Misalnya, kalau suara sudah terasa ngicrit ketika gas ditarik. Hal ini merupakan tanda bahwa belt sudah perlu diganti atau terlalu kering.

Memperhatikan kondisi oli juga penting untuk merawat motor matic agar tetap awet. Beberapa oli yang memerlukan penggantian secara rutin antara lain: oli mesin dan oli transmisi. Jangan lupa untuk mengganti oli sebulan sekali jika motor bekerja cukup berat.

Demikianlah beberapa tips merawat motor matic yang penting diketahui. Semoga bermanfaat :-)

Advertisement
Tips Merawat Motor Matic Yang Penting Anda Ketahui | Artikel Konten | 5

0 comments:

Posting Komentar